Efektivitas program regulasi emosi dengan strategi cognitive reappraisal pada remaja dengan masalah emosi marah = Effectiveness of emotion regulation program with cognitive reappraisal strategies ini adolescent anger emotion problem / Septiadi Fajar Rachmanto
Septiadi Fajar Rachmanto;
Lucia R.M. Royanto, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini berfokus untuk melihat efektivitas strategi cognitive reappraisal untukmeningkatkan regulasi emosi pada remaja dengan masalah emosi marah. Cognitivereappraisal merupakan strategi regulasi emosi dengan cara mempertahankan emosiyang dirasakan di dalam pikiran dan secara aktif mencari alternatif dalammenginterpretasikan makna suatu peristiwa atau hubungan dirinya dengan peristiwayang terjadi. Program yang dibuat menggunakan pendekatan Rational EmotiveBehavior Therapy melalui proses identifikasi kaitan antara pikiran, perasaan, danperilaku subyek, pengubahan irrational belief untuk mengubah perilaku, sertaidentifikasi dampak positif dari regulasi emosi. Pengukuran dilakukan sebelum dansesudah dilakukan program dengan menggunakan alat ukur dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini strategicognitive reappraisal belum efektif untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosipada remaja dengan masalah kurang dapat mengendalikan emosi marah. Programyang dilakukan hanya berhasil memberikan pengetahuan yang baru tentangpentingnya regulasi emosi dan bagaimana meregulasi emosi. Selanjutnya, programini dinilai belum dapat mengubah pandangan yang dimiliki subyek sehingga ia belummemiliki kesadaran dan keinginan untuk mengubah perilakunya. ABSTRACT This study focuses to see the effectiveness of Cognitive Reappraisal strategies toimprove emotion regulation in adolescents with anger emotion problem. CognitiveReappraisal is an emotion regulation strategies which maintain emotions felt in themind and actively looking for an alternative in interpreting the meaning of an event orhis/her relationship with the events that occurred. This program is created usingRational Emotive Behavior Therapy approach through the process of identifying thelink between thoughts, feelings, and behavior of the subject, changing irrational beliefto change behavior, as well as identifying the positive impact of emotion regulation.Measurements were taken before and after the program using measuring instrumentsand interviews. Based on results of this study we can conclude that in this studycognitive reappraisal strategies is not effective to improve the ability of emotionregulation in adolescents with anger emotion problem. Program conducted onlymanaged to provide new knowledge about the importance of emotion regulation andhow to regulate emotion. Furthermore, this program is considered has not been ableto change subject belief so that he has not have awareness and willingness to changehis behavior. |
T35334-Septiadi Fajar Rachmanto.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35334 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 69 pages : illustration ; 28 cm+ appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35334 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349710 |