Penerapan prinsip Dir/Floortime untuk meningkatkan kemampuan memusatkan atensi pada anak dengan early onset attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) = The application of DIR/Floortime principles to increase the ability to sustain attention on a child with early onset attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) / Ratih Larasati
Ratih Larasati;
Lia M. Boediman, examiner; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Kemampuan memusatkan atensi merupakan landasan dari kemampuanbelajar yang dibutuhkan setiap anak. Studi dalam aspek perkembangan anakmenunjukkan pentingnya interaksi dan hubungan yang positif dengan pengasuh utamasebagai media untuk perkembangan dan peningkatan kemampuan dasar bagi anak,termasuk di dalamnya adalah kemampuan memusatkan atensi. PendekatanDevelopmental, Individual Differences, Relationship-Based (DIR/Floortime)merupakan salah satu program intervensi yang difokuskan untuk meningkatkankualitas interaksi antara pengasuh utama dan anak. Penelitian ini bertujuan untukmeninjau efektivitas penerapan prinsip DIR/Floortime untuk meningkatkankemampuan memusatkan atensi pada anak berusia 4 tahun yang memiliki diagnosaEarly Onset Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa penerapan prinsip DIR/Floortime efektif meningkatkankemampuan memusatkan atensi pada anak dengan Early Onset ADHD serta diiringidengan peningkatan tahapan perkembangan fungsional emosional anak dan ibu yangterukur dari peningkatan durasi memusatkan atensi, penurunan frekuensidistraktibilitas, serta peningkatan skor pada Functional Emotional Assessment Scale(FEAS). ABSTRACT The ability to sustain attention is the foundation of learning ability for everychild. The research on child development shows the importance of positive interactionand relationship with the primary caregiver as a medium for the child’s developmentand mastery of basic developmental skills which includes the ability to sustainattention. Developmental, Individual Differences, Relationship-Based approach(DIR/Floortime) is one of the available interventions focused on increasing thequality of caregiver-child interaction. This study is aimed at investigating theeffectiveness of DIR/Floortime to increase the ability to sustain attention on a 4 yearoldchild with Early Onset Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD). Theresult of this study indicated that the application of DIR/Floortime principles iseffective in increasing the ability to sustain attention on a 4 year-old child with EarlyOnset ADHD, along with the increase of the functional emotional development ofboth mother and child as shown with the increase of attention span, the decrease offrequency of distractibility, and score increase in the Functional EmotionalAssessment Scale (FEAS). |
T36029-Ratih Larasati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T36029 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T36029 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349741 |