ABSTRAK Tesis ini membahas tentang Balanced Scorecard, yakni teknik pengukuran kinerjayang dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menerjemahkan tujuan danstrateginya sehingga perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. Penelitianini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dankelemahan PT AJII sebagai perusahaan asuransi swasta nasional untukmemanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada di industri asuransi, danmemberikan masukan yang memungkinkan bagi PT AJII untuk dapat menerapkanBalanced Scorecard secara menyeluruh karena konsep Balanced Scorecard dapatdigunakan perusahaan untuk menjabarkan visi, misi dan strategi ke dalam setiapelemen. Penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metodepenelitian lapangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan berada pada kelasmenengah, dilihat dari aset terhadap premi nettonya. Hasil analisis SWOT bila dikaitkandengan Balanced Scorecard menunjukkan bagian internal perusahaan yang palingkuat adalah perspektif pelanggan, sementara perspektif pertumbuhan danpembelajaran adalah yang paling lemah. Strategi yang sesuai bagi perusahaan adalahstrategi peningkatan pendapatan & peningkatan produktivitas. Perusahaan telahmemiliki konsep dan manual Balanced Scorecard, namun hal tersebut belumdisosialisasikan ke seluruh pegawai. ABSTRACT This thesis explores about Balanced Scorecard, a performance measurement technicwhich can measure the success of the company in translating goals and strategies so thatthe company can survive in the long term. This study is a qualitative research. This studyaims to determine the strengths and weaknesses of PT AJII as a national private insurancecompanies to take advantage of opportunities and overcome the threats that exist in theinsurance industry, and provide input that allows for PT AJII to be able to implement theBalanced Scorecard as a whole because the concept of the Balanced Scorecard can beused by companies to outlines the vision, mission and strategy into every element. Thisresearch using library research and field research methods. This study concludes that thecompany is in the middle class, seen from the premium disposable assets. SWOT analysisresults when associated with a Balanced Scorecard showing the internal parts are the mostpowerful corporate customer perspective, while learning and growth perspective is theweakest. Appropriate strategy for the company is a strategy to increase revenue andincrease productivity. The company already has the concept of Balanced Scorecard andmanual, but it has not been disseminated to all employees. |