:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi komunikasi sosialisasi kebijakan publik pada internal organisasi : studi pada sosialisasi Perda no. 7 tahun 2010 tentang bangunan gedung di Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta = Communication strategy for dissemination of public policy in the internal organization : study on the dissemination of 2010 concerning Perda no. 7 building control at Jakarta Departement

Suprapti; Eduard Lukman, supervisor; Sasa Djuarsa Sendjaja, examiner; Pinckey Triputra, examiner; Firman Kurniawan Sujono, examiner (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi dalam sosialisasi kebijakan publik pada internal organisasi yang dilakukan oleh dinas pengawasan dan penertiban DKI Jakarta dimana pada tahun 2010 telah muncul perda baru, sebagai sesuatu yang baru dalam organisasi tentunya memerlukan strategi komunikasi untuk mensosialisasikan baik secara internal maupun eksternal. Akantetapi dalam penelitian ini peneliti lebih menitikberatkan pada strategi komunikasi dalam mensosialisasikan perda tersebut dalam internal organisasi.
Strategi komunikasi apa dan kendala-kendala apa yang ada dalam sosialisasi internal tersebut adalah pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini. Teori difusi inovasi dari E.M. Rogers digunakan untuk menjelaskan bagaimana proses difusi inovasi dalam organisasi sebagai strategi komunikasi sosialisasi perda no.7 tahun 2010 tentang bangunan gedung tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan strategi komunikasi dalam sosialisasi perda no.7 tahun 2010 pada internal organisasi Dinas Pengawasan dan Penertiban DKI Jakarta.
Hasil Penelitian ini memperlihatkan tahap-tahap restrukturisasi dan rutinisasi tidak banyak kendala, sementara tahap klarifikasi merupakan tahap yang memiliki beberapa kendala. Tahap klarifikasi ini sangat menentukan tahap terakhir dari proses difusi inovasi dalam organisasi yakni tahap rutinisasi.

This study discusses the strategies of communication in the socialization of public policy on the internal organization that conducted by the departement of supervision and control of DKI Jakarta, where in 2010 a new regulation has emerged as something new in the organization would require a communication strategy to promote both internally and externally. But researcher in this study is more focused on communication strategies in disseminating these regulation in the internal organization.
What communication strategies and what constraints exist in the internal socialization is a question that will be answered in this study. Diffusion of innovation in organization as a communication strategy socialization regulation no.7 of 2010 on the building.
The method used in this research is descriptive qualitative to describe the communication strategy in a regulation socialization no.7 of 2010 on the internal organization of the Departement of Supervision and Control of Jakarta.
The research result shows the stages of restructuring and routinization are not many obstacles, while the clarification stage is the stage that has some constrait. Clarification stage is crucial last stage at the process of diffusion innovation in organization stage of routinization.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Suprapti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 112 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-745506336 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349773