Perumusan strategi bisnis content delivery network (CDN) : studi kasus PT. Telkom dengan menggunakan metode SWOT = The business strategy for content delivery network (CDN) : a case study of PT. Telkom / Rahayu Diah Ratnawati
Rahayu Diah Ratnawati;
Muhammad Suryanegara, supervisor; Djamhari Sirat, examiner; Gunawan Wibisono, examiner; Arifin Djauhari, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Populasi pengguna internet dunia terus meningkat dan Indonesia berada diurutan kedua di Asia dimana dari seluruh pengguna internet di Indonesia 80%pengguna mengakses situs yang berada diluar negeri. Hal ini menjadi faktormengapa layanan internet di Indonesia masih relatif mahal karena ISP harusmenyewa link internasional agar dapat terkoneksi ke situs-situs yang berada diluarnegeri. Konsumsi bandwith pengguna internet juga meningkat seiring denganpergeseran gaya hidup ke arah sosial media dan online video. Namunpertumbuhan trafik internet ini tidak diimbangi oleh pertumbuhan revenue yangdiperoleh operator telekomunikasi. Selain itu, operator telekomunikasi kiniberhadapan dengan layanan baru yaitu OTT (Over The Top) dimana operatortelekomunikasi sebagai pemilik jaringan sangat berkepentingan agar tidak ada gapprofit dengan OTT provider. Operator harus memikirkan cara untuk mendapatkanrevenue dari jaringan infrastruktur yang dimilikinya, salah satunya denganimplementasikan Content Delivery Network (CDN). Secara teori CDN mampumenyalurkan data secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kualitaslayanan internet, menghemat bandwith internasional, dan dapat menambahrevenue.Dari hasil analisa perumusan strategi bisnis CDN di Telkom denganmenggunakan metode SWOT didapatkan hasil bahwa layanan CDN Telkomterletak pada kuadran I yaitu Growth Oriented Strategy. Hasil analisa MatriksInternal Eksternal layanan CDN Telkom juga berada pada sel 1 atau Growth.Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan adalah strategi yang intensifantara lain pengembangan produk layanan CDN Telkom, melakukan penjualanlayanan CDN Telkom dengan menawarkan suatu paket bundling premiumterhadap produk wholesale yang dimiliki Telkom, mengembangkan berbagaimodel bisnis tertentu dalam melakukan kerjasama baik dengan operator dankonten provider, serta mengembangkan Owned CDN Telkom sebagai fullymanaged CDN Operator. Langkah-langkah strategis tersebut diharapkan dapatmendukung Telkom agar memiliki keunggulan kompetitif dibandingkanpesaingnya untuk memenangkan kompetisi. ABSTRACT Internet users of World's population continues to increase, and Indonesiarank second in Asia which 80% of Indonesian internet users accessing overseas’sites. This factor causes internet service in Indonesia relatively expensive sincethe ISP had to hire an international link to connect to websites located outside thecountry. Bandwidth consumption of Internet users has also increased along withlifestyle shift towards social media and online video. However, the growth ofInternet traffic is not followed by revenue growth gained by telecommunicationoperators. In addition, operators are now facing a new service that called OTT(Over The Top) where operators as the network owner is very concerned to reachno profit gap between telecom operators and OTT providers. Operators shoulddesign a strategy to get revenue from its network infrastructure; one of thestrategies is implementing the Content Delivery Network (CDN). TheoreticallyCDN is capable in delivering data effectively and efficiently, improve internetservice quality, and may increase the revenue.From the analysis of the business strategy formulation at Telkom CDNusing SWOT method showed that Telkom CDN services lies in the first quadrantor at Oriented Growth Strategy. Internal External Matrix analysis also resultsCDN service Telkom is in cell 1 or Growth. Strategic steps that can be done areintensive strategies such as CDN product development, sell CDN services byoffering a bundled premium package with other Telkom’s wholesale products,create certain business models for doing business with operators and contentproviders, also deploy Owned CDN Telkom as a fully managed CDN provider.These strategic measures are expected to support Telkom in order to have acompetitive advantage over its competitors in order to win the competition. |
![]()
|
No. Panggil : | T34919 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 74 pages : illustration ; 28 cm + lappendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34919 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349776 |