:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis dampak pemanfaatan collaborative tools terhadap performa kerja kelompok di Fasilkom UI = Impact analysis of collaborative tools utilzation on group performance at Fasilkom UI

Stella Tantra Setyady; Achmad Nizar Hidayanto, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Maraknya perkembangan teknologi menjadi dasar adanya perubahan dalam proses kolaborasi kelompok baik di kalangan profesional maupun di kalangan mahasiswa. Keharusan interaksi antar anggota kelompok selama pengerjaan tugas membuat mahasiswa harus melakukan penyesuaian jadwal satu sama lain demi menyelesaikan tugas kelompok. Maka teknologi mulai berperan dalam proses kolaborasi kelompok, sebagai media yang dapat memfasilitasi komunikasi dan interaksi antar mahasiswa selama pengerjaan tugas. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang mendorong mahasiswa menggunakan collaborative tools dari sisi karakteristik teknologinya, dan dampak penggunaan collaborative tools dalam proses kolaborasi terhadap performa kelompok dengan memodifikasi model dari Tachnology Acceptance Model. Pengujian model menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan memanfaatkan tools LISREL 8.8. Data yang dianalisis berasal dari 196 mahasiswa Fasilkom UI dari jenjang pendidikan S1 dan S2 yang menjadi responden dari kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan collaborative tools dan tingkat kegunaan collaborative tools mendorong mahasiswa untuk menggunakan collaborative tools dalam mengerjakan tugas kuliah. Adanya kegiatan belajar secara kolaborasi (kerja kelompok) juga menjadi faktor pendorong bagi mahasiswa untuk menggunakan collaborative tools. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunakan collaborative tools memberi pengaruh positif terhadap performa kelompok.

Nowadays the growth of technology influences the changes in a group collaboration's process either for the professional or for the students. The requirement of interaction in a group collaboration while doing task force the students to schedule their meeting in order to finish the task given. So the technology start to influence the process of group collaboration as a communication dan interaction media between students in doing their tasks. The purpose of this research is to analyze factors from technology characteristics that driving the students to use collaborative tools, and the implication of using collaborative tools in a group collaboration to the team performanc by modifying the model of Technology Acceptance Model. The model is then validated using Structural Equation Modeling (SEM) technique with LISREL 8.8 tool on 196 Fasilkom's students as respondents of the questionnaire distributed. Our findings shows that the ease of use and perceived usefulness of the collaborative tools drive the students to use collaborative tools when doing their tasks. The existence of collaborative learning is also a driving factor for the students to use collaborative tools. The actual use of collaborative tools also shows a positif influence to the team performance.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Stella Tantra Setyady.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 138 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 16-19-012939645 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349889