ABSTRAK Rumah sebagai unit properti bernilai memiliki aspek unik, permintaan dua sisi yang didasarkandua motif yaitu konsumsi dan investasi. Sebagai barang konsumsi, rumah dimiliki untuk memenuhikebutuhan dasar dan sebagai aset investasi, permintaan diputuskan melalui proses kelayakan investasi.Rumah dapat dianggap komoditas yang bernilai. Barang dan jasa dikatakan mempunyai nilai bagiseseorang apabila barang dan jasa tersebut memiliki karakteristik: (1) kegunaan tergantung karakteristik,seperti lokasi, aksesibilitas, ukuran, desain dan bentuk lain kegunaan yang berpengaruh pada nilaiproperti; (2) tersedia terbatas; (3) Hasrat atau keinginan, harapan pembeli terhadap komoditas untukmemuaskan kebutuhan atau keinginan; (4) Daya beli efektif, kemampuan berpartisipasi di pasar demiperoleh suatu komoditas ditukar dengan sejumlah uang tertentu atau barang lain setara nilainya. Rumahsebagai unit properti memiliki faktor yang pengaruhi nilainya. Salah satu di antaranya faktor perletakanatau lokasi rumah dalam cluster. Lokasi sekitar unit hunian dipandang sebagai suatu kesatuan dari rumah(sense of localism). Hal ini menunjukkan lokasi rumah bukan hanya berbicara lokasi tempat rumah ituberada akan tetapi berhubungan lingkungan sekitar. Dari suatu lokasi unit hunian yang berada di dalamsuatu kompleks perumahan dapat ditentukan nilainya berdasarkan kepada dua hal: lingkungan (posisi atauformasi) dan aksesibilitas. Walaupun faktor lokasi bukan merupakan faktor pertimbangan utama pilihanbertinggal di suatu tempat dalam kompleks perumahan The Grand Sentul tetapi dalam penelitian inivariabel tipe unit dan harga dikunci sebagai bentuk batasan penelitian untuk mengetahui prioritaspreferensi pemilihan lokasi di dalam suatu cluster tanpa dipengaruhi oleh kedua variabel tersebut.Penelitian ini memaparkan bagaimana faktor posisi dan aksesibilitas dapat diterapkan untuk membedakannilai unit hunian di dalam kompleks perumahan The Grand Sentul dengan melihat kepada perilakupenghuni yang bertinggal pada suatu lokasi di dalam cluster maupun unit hunian atau kavling yangpemiliknya tidak bertinggal. Penelitian dengan pendekatan kualitatif mengkaji dinamisasi pemenuhankebutuhan lokasi untuk bertinggal dan berinvestasi ditinjau dari sisi pemilik melalui analisis karakterkawasan; pemanfaatan fasilitas; proses tinggal, timbul, pemenuhan kebutuhan lokasi unit di dalamperumahan; dan nilai rumah bagi penghuni. Secara khusus aksesibilitas dalam bentuk jalan cabangpertama atau area sekunder cluster dan posisi dalam bentuk berhadapan dengan bangunan rumah atauterletak pada atau dekat ujung dalam satu deret rumah menjadi prioritas dan memberi value positif bagiisu investasi di suatu lokasi dalam cluster yang akhirnya dapat meningkatkan nilai jual unit hunian ataukavling. Secara khusus Aksesibilitas dalam bentuk jalan utama atau area primer cluster dan Lingkungan(posisi atau formasi) dalam bentuk dekat landmark tertentu pada cluster (daerah rekreasi) dapat menjadiprioritas dan memberi value positif bagi isu bertinggal di suatu lokasi dalam cluster. ABSTRACT The House as a valuable property unit has unique aspects, demand has two sides which are basedtwo motives: consumption and investment. As for consumer goods, owned home to meet basic needs, butas an investment asset demand is decided through a process of investment feasibility. The house can beconsidered as a valuable commodity. Goods and services is said to have value for someone when havingcharacters includes:(1) usefulness, the ability to provide satisfaction of wants and needs; The usefulnessof a property depends on its characters, such as location, accessibility, size, design and other forms ofusability effect on property values; (2) available on a limited basis, the availability or supply of acommodity relative to demand; (3) The expectation of a commodity to the buyer to satisfy their needs ordesires; (4) effective purchasing power, the ability to participate in the market in order to obtain acommodity exchanged for a certain sum of money or other items of equal value. Home as a unitproperties have factors that influence value. One of these factors is the placement or location of a house ina cluster. About the location of the dwelling units is seen as an integral part of the house (sense oflocalism). Finally a conceptual framework for the expansion of residential areas interlocked with thesurrounding environment for the sake of convenience. This suggests that location of a house is not justwhere it was but related to the surround environment. Quality of life in the form of convenience, securityof a home stay is determined by its location, in the sense of a location attractiveness is determined by twothings: position and accessibility. It can also be a factor considered by residents in choosing to live at alocation within the housing as it relates to the sense of localism. Although the location factor is not amajor consideration factor for living at a place in a residential complex The Grand Sentul but in this studythe variable type and the unit price is locked as a form of limitation of the study to determine priority insite selection preferences in a cluster without being influenced by both variables. This study describeshow the position and accessibility factors can be applied to distinguish the value of the dwelling unit in aresidential complex The Grand Sentul by look at the behavior of residents who reside at a location withinthe cluster as well as the owner of the dwelling units or lots which are not living there. The research withqualitative method studying the dynamic needs for both living and invest location seen from the ownersby analyze characters of the region; utilization of facilities; the living, the emergence, the process offulfilling the needs of the housing unit locations; and the value of the home for occupants. In particular,the accessibility of the first branch in the form of roads or secondary area clusters and positions in theform of dealing with home building or located at or near the end of a row house can be a priority and givea positive value for the investment issue in a location within the cluster which ultimately can increase thesale value of the dwelling units or lots. Specifically in the form of a wide main street or area primarycluster and positions in a form close to certain landmarks in the cluster (recreation area) can be a priorityand give a positive value for living issues at a location within the cluster. |