Mengatasi konsep diri negatif pada remaja dengan menggunakan teknik coaching = Overcoming negative self concept in adolescents using the technique coaching / Sinambela, Sondang Juwita
Sinambela, Sondang Juwita;
Puji Lestari Prianto, supervisor; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Linda Primara, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Proses pembentukan identitas diri yang merupakan isu penting usia remajatidak dapat dipisahkan dengan sejauh mana pemahaman remaja mengenai dirinyasendiri (konsep diri). Selanjutnya konsep diri remaja mempengaruhi bagaimanaperasaannya tentang dirinya dan perilakunya. Salah satu faktor yangmempengaruhi konsep diri yang terbentuk dalam individu adalah peran orang tua(Fitts, 1971). Perilaku orang tua yang penuh penghargaan dan memberikanstandar perilaku yang jelas, serta diberikan pengharapan-pengharapan yangrealistis memudahkan terbentuknya konsep diri positif dalam diri individu.Sebaliknya jika orang tuatidak memberikan informasi yang akurat mengenaidirinya maka hal ini berdampak terhadap munculnya konsep diri negatif dalamdiri individuSubjek dalam penelitian ini, yakni F, merupakan seorang remaja putri yangmemiliki konsep diri negatif. Hal ini terjadi karena ibu F kerap memberi penilaiannegatif mengenai dirinya sehingga F pun pada akhirnya juga cenderung menilaidirinya secara negatif. Penelitian ini bertujuan mengatasi konsep diri negatif yangdialami F. Teknik intervensi yang dipergunakan adalah teknik coaching denganteori asimilasi dan akomodasi yang dikemukakan oleh Piaget (1950) dijadikandasar teori penyusunan intervensi. Intervensi juga melibatkan ibu F dengan tujuanmeningkatkan pemahaman ibu F mengenai konsep diri F sehingga memungkinkanibu F memberi informasi yang tepat bagi individu dalam rangka membentukkonsep diri yang lebih positif. ABSTRACT Process of identity formation is an important issue teens can not beseparated by the extent to which adolescent understanding of itself (self-concept).Furthermore adolescent self-concept affects how he feels about him and hisbehavior. One of the factors that influence self concept formed in the individual isthe role of parents (Fitts, 1971). Behavior of parents who respect and provideclear standards of behavior, and given realistic expectations facilitates theformation of a positive self-concept within the individual. Conversely, if theparents do not give accurate information about him then this affects theappearance of negative self-concept in individuals.Subjects in this study, ie, F, is a teenager who has a negative self-concept.This happens because her mother has often given a negative assessment of her sothat F was in the end also tend to judge herself negatively. This study aims toovercome negative self-concept experienced by F. Intervention techniques that areused coaching techniques with the theory of assimilation and accommodationproposed by Piaget (1950) form the basis of the theory of developmentinterventions. Intervention also involves her mother with the aim of improvingunderstanding of mother of F concerning self concept of F so that enable motherof F to give appropriate information to F in order to form a more positive selfconcept. |
T35009-Sondang Juwita Sinambela.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35009 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 72 pages : illustration ; 28 cm. + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35009 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349930 |