:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Mengatasi konsep diri negatif pada remaja dengan menggunakan teknik coaching = Overcoming negative self concept in adolescents using the technique coaching / Sinambela, Sondang Juwita

Sinambela, Sondang Juwita; Puji Lestari Prianto, supervisor; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Linda Primara, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Proses pembentukan identitas diri yang merupakan isu penting usia remaja
tidak dapat dipisahkan dengan sejauh mana pemahaman remaja mengenai dirinya
sendiri (konsep diri). Selanjutnya konsep diri remaja mempengaruhi bagaimana
perasaannya tentang dirinya dan perilakunya. Salah satu faktor yang
mempengaruhi konsep diri yang terbentuk dalam individu adalah peran orang tua
(Fitts, 1971). Perilaku orang tua yang penuh penghargaan dan memberikan
standar perilaku yang jelas, serta diberikan pengharapan-pengharapan yang
realistis memudahkan terbentuknya konsep diri positif dalam diri individu.
Sebaliknya jika orang tuatidak memberikan informasi yang akurat mengenai
dirinya maka hal ini berdampak terhadap munculnya konsep diri negatif dalam
diri individu
Subjek dalam penelitian ini, yakni F, merupakan seorang remaja putri yang
memiliki konsep diri negatif. Hal ini terjadi karena ibu F kerap memberi penilaian
negatif mengenai dirinya sehingga F pun pada akhirnya juga cenderung menilai
dirinya secara negatif. Penelitian ini bertujuan mengatasi konsep diri negatif yang
dialami F. Teknik intervensi yang dipergunakan adalah teknik coaching dengan
teori asimilasi dan akomodasi yang dikemukakan oleh Piaget (1950) dijadikan
dasar teori penyusunan intervensi. Intervensi juga melibatkan ibu F dengan tujuan
meningkatkan pemahaman ibu F mengenai konsep diri F sehingga memungkinkan
ibu F memberi informasi yang tepat bagi individu dalam rangka membentuk
konsep diri yang lebih positif.

ABSTRACT
Process of identity formation is an important issue teens can not be
separated by the extent to which adolescent understanding of itself (self-concept).
Furthermore adolescent self-concept affects how he feels about him and his
behavior. One of the factors that influence self concept formed in the individual is
the role of parents (Fitts, 1971). Behavior of parents who respect and provide
clear standards of behavior, and given realistic expectations facilitates the
formation of a positive self-concept within the individual. Conversely, if the
parents do not give accurate information about him then this affects the
appearance of negative self-concept in individuals.
Subjects in this study, ie, F, is a teenager who has a negative self-concept.
This happens because her mother has often given a negative assessment of her so
that F was in the end also tend to judge herself negatively. This study aims to
overcome negative self-concept experienced by F. Intervention techniques that are
used coaching techniques with the theory of assimilation and accommodation
proposed by Piaget (1950) form the basis of the theory of development
interventions. Intervention also involves her mother with the aim of improving
understanding of mother of F concerning self concept of F so that enable mother
of F to give appropriate information to F in order to form a more positive selfconcept.

 File Digital: 1

Shelf
 T35009-Sondang Juwita Sinambela.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T35009
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 72 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35009 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349930