:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis procurement produk trading melalui manajemen rantai pasok dengan menggunakan pendekatan metoda klasifikasi ABC Pareto dan Metoda Kraljic pada PT. Firmenich Indonesia = Analysis of procurement for trading product through supply chain management implementation using ABC Classification pareto method and Kraljic method approach at PT. Firmenich Indonesia / Arif Indracahya

Arif Indracahya; Harahap, Muslim Efendi, supervisor; Nofrisel, examiner; Mohammad Hamsal, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
PT. Firmenich Indonesia adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak pada bisnis perisa makanan dan wangi-wangian. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini terdiri dari produk yang dihasilkan dari proses produksi di dalam pabrik PT. Firmenich Indonesia, juga produk yang berupa produk trading yang dibeli oleh perusahaan melalui cabang perusahaan yang berada di luar negeri. Permasalahan yang terjadi adalah tidak tercapainya target tingkat kepuasan pelanggan dalam tiga tahun belakangan ini dan juga pembelian produk barang jadi (trading) yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan. Untuk dapat mencapai target tersebut, digunakan pendekatan metoda klasifikasi ABC dan metoda Kraljic dalam menentukan strategi manajemen rantai pasok. Setelah melakukan klasifikasi produk dengan metoda ABC, kemudian dilanjutkan dengan metoda Kraljic yang bermaksud untuk mengkelompokkan produk ke dalam matriks 2x2 dengan dua dimensi yang dijadikan sebagai acuan atau patokan, yakni Supply Risk dan Profit Impact. Pengelompokkan ini adalah untuk memudahkan manajer atau manajemen agar dapat lebih fokus terhadap produk yang mempunyai dampak besar terhadap Profit atau keuntungan perusahaan serta melihat resikonya dari sudut pandang Supply Risk dan langkah apa yang harus diambil terhadap produk-produk tersebut. Dari penelitian, ada 44 (empat puluh empat) jenis produk yang mempunyai resiko sangat besar terhadap Profit maupun Supply Risk.

ABSTRACT
PT. Firmenich Indonesia is one of the multinational companies in the flavors and fragrances industry. The company has two products categories which one product is being locally manufactured and the other one is purchase from other firmenich affiliates in overseas which called trading product. The company has problems in achieving the target of customer satisfaction level. This level is always below management’s target. Purchases of product are also not based on the customers’ needs or demands. In order to achieve the target, two methods which are ABC classification and also Kraljic method are used to determine the supply chain management strategy. After classifying the product using ABC method, Kraljic method groups the products into a 2x2 matrix uses two dimension matrixes as references, called Supply Risk and Profit Impact. The purpose of this grouping is to facilitate the manager or management to focus on the products that will immensely impact the company profit as well as the supply risk. Consequently, management can evaluate the possible actions taken. From this research, there are 44 items identified to have a great impact on supply risk as well as profit impact.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Arief Indracahya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 71 pages : illustrasi ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20349998