Analisis peran media dalam proses pembentukan opini publik terhadap produk hasil hutan Indonesia : studi kasus kampanye lingkungan terhadap industri pulp dan kertas Indonesia di pasar internasional = Analysis of the role of media in forming public opinion toward Indonesian forest products : case study environmental NGO campaign to the Indonesian pulp and paper industry in international markets
Asri Aldila Putri;
Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Eriyanto,, examiner; Eduard Lukman, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)
|
Tesis ini membahas tentang isu lingkungan sebagai isu yang tengah berkembangdan menarik perhatian publik dunia dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai salahsatu negara yang masih memiliki hutan terbesar di dunia, Indonesia kini menjaditarget kampanye kalangan pemerhati lingkungan, khususnya Non GovernmentOrganization (NGO). NGO memainkan peranan yang signifikan dalammengidentifikasi dan mendefinisikan masalah-masalah lingkungan dan sosial.NGO kemudian menempatkan dirinya untuk terlibat dalam agenda setting untuknegosiasi politik dan proses pengambilan keputusan. Kampanye yang dilakukanoleh NGO lingkungan terhadap produk hasil hutan Indonesia dimaksudkan untukmembentuk opini publik yang negatif terhadap produk hasil hutan di Indonesia.Akibatnya, produk hasil hutan Indonesia dipertanyakan di dunia internasional. Haltersebut diakomodasi melalui pemberitaan oleh media massa, terutama mediainternasional. Media telah menjadi jembatan arus informasi. Berita yang sampaikepada publik akan memiliki banyak penafsiran dan tanggapan yang berbeda,bergantung pada gaya bahasa dan cara penyampaian media. Oleh karena itu, peranmedia menjadi sangat vital karena bertanggung jawab dalam membentuk opinipublik. This thesis discusses about environmental issues as a growing issue andattracts public attention in recent years. As one of the countries that still havethe biggest forest in the world, Indonesia has become the target ofenvironmentalists campaigns, especially the Non-Government Organization(NGO). NGOs play a significant role in identifying and defining issues ofenvironmental and social problems. NGO then put itself to get involved inagenda setting for political negotiations and decision-making processes.Campaign by the environmental NGO is intended to establish negative publicopinion toward Indonesian forest products. As a result, Indonesian forestproducts in the international market are questionable. This is accommodatedthrough the news by the media, especially the international media. Media hasbecome the bridge of information flow. News to the public will have a lot ofdifferent interpretations and responses depend on the style and how the mediadeliver the information. Therefore, the role of the media is vital because it isresponsible in establishing public opinion. |
T34897-Asri Aldila Putri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34897 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34897 | 15-23-45537109 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350054 |