Pengaruh gaya belajar dan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap tingkat kesiapan belajar mandiri mahasiswa di program studi Pendidikan Dokter Universitas Bengkulu = Influence of learning style and students perception about educational environment related to students self directed learning readiness level in medical Study Program Bengkulu University / Zayadi Zainuddin
Zayadi Zainuddin;
Mpu Kanoko , supervisor; Joedo Prihartono, supervisor; Retno Widowati Soebaryo, examiner; Diantha Soemantri, examiner
(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Latar Belakang: Setiap mahasiswa akan memilih gaya belajar yang menguntungkanuntuk situasi belajar tertentu. Gaya belajar aktivis diduga lebih sesuai untuk aktivitasbelajar mandiri dibandingkan dengan gaya belajar lain. Lingkungan belajar yangdirancang untuk pembelajaran mahasiswa akan memunculkan persepsi yang berbeda,baik persepsi positif maupun negatif. Persepsi ini diduga dapat mendorong ataumenghambat belajar mandiri. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengandesain kasus kontrol. Populasi terdiri atas mahasiswa yang tidak siap (kasus) dan siapbelajar mandiri (kontrol) dengan minimal sampel sebanyak 55 mahasiswa untukmasing-masing populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu tahappertama dengan pengisian kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale(SLDRS) Fisher dan tahap kedua dengan pengisian kuesioner Learning StyleQuestionairre (LSQ) Honey-Mumford dan Dundee Ready Educational EnvironmentMeasure (DREEM). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 13.00.Hasil: Gaya belajar aktivis tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan tingkatkesiapan belajar mandiri (p>0.05) namun persepsi mahasiswa mengenai lingkunganbelajar memiliki hubungan yang bermakna (p<0.05). Mahasiswa yang kurang puasterhadap lingkungan belajar memiliki kemungkinan 3.852 kali tidak siap belajarmandiri dibandingkan dengan mahasiswa yang puas (p<0.05 dan OR=3.852).Kesimpulan: Gaya belajar aktivis tidak berpengaruh terhadap tingkat kesiapanbelajar mandiri. Persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar berpengaruhterhadap tingkat kesiapan belajar mandiri, sehingga perlu upaya peningkatankesiapan belajar mandiri mahasiswa dengan memperbaiki lingkungan belajar. ABSTRACT Background: Each student will choose their own learning style that are morebeneficial for one learning situation. Activist learning style has been expectedmore suitable for self directed learning than other learning style. Learningenvironment that designed for students’ learning will lead to different perceptions,either positive or negative. This perception could inhibit or encourage self directedlearning. Method: This is a quantitative research using case control design.Population consists of students who are not ready (cases) and ready to selfdirected learning (control) with minimal sample of 55 students for each population.The data was collected using questionnaires in two stages. First’ stage for SelfDirected Learning Readiness Scale (SLDRS) Fisher questionnaires and the secondstage for Learning Style questionnaire (LSQ) Honey-Mumford and DundeeReady Educational Environment Measure (DREEM) questionnaires. Data wereanalyzed using SPSS 13.00 program. Result: Activist learning style showed nosignificance relationship with self directed learning readiness levels (p>0.05) butstudents' perceptions of educational environment showed significant relationship(p<0.05). Students who are not satisfied to learning environment have thepossibility of 3.852 times more unready to self directed learning than studentswho are satisfied (p<0.05 and OR = 3.852). Conclusion: Activist learning styles donot influenced the level of self directed learning readiness. Students’ perceptionsof the educational environment influenced self directed learning readiness level,therefore an effort is needed to increase students' self directed learningreadiness by improving the educational environment. |
T-Pdf Zayadi Zainuddin.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 88 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350099 |