Pengaruh persepsi konsumen atas produk, distribusi, dan harga terhadap citra merek dalam membangun ekuitas merek : studi kasus Produk Suzuki Ertiga) = The influence of customer perception on product place and price to brand image in building brand equity : case study Suzuki Ertiga / Farida Meity Romauli Limbong
Limbong, Farida Meity Romauli;
Bambang Wiharto, supervisor; Tengku Ezni Balqiah, co-promotor; Rembeth, John Daniel, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atasproduk,distribusi, dan harga terhadap citra merek dalam membangun ekuitas merekSuzuki Ertiga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratoris denganteknik studi pustaka dan desain penelitian deskriptif dengan teknik survei dalambentuk kuesioner terstruktur. Penelitian dilakukan terhadap 180 responden yangmerupakan bagian dari populasi pemilik Suzuki Ertiga yang bertempat tinggal diwilayah DKI Jakarta. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitianadalah non-probabilitas dengan tipe judgemental sampling. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa persepsi konsumen atas distribusi dan harga memberikanpengaruh terhadap citra merek, sedangkan persepsi konsumen atas produk tidakmemberikan pengaruh terhadap citra merek. Persepsi konsumen atas produk,distribusi, dan harga secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap citramerek yang selanjutnya memberikan pengaruh terhadap pembentukan ekuitasmerek. Hasil penelitian menyarankan perlunya dilakukan pengembangan citramerek melalui bauran pemasaran produk dan distribusi dalam rangka membangunekuitas merek Suzuki Ertiga. Pengembangan citra merek melalui bauran produkdilakukan dengan mengembangkan citra merek produk Suzuki Ertiga, yang saatini terkenal sebagai kendaran keluarga, dikembangkan dengan menambahkanunsur lifestyle menjadi Suzuki Ertiga sebagai kendaraan keluarga yang trendi.Pengembangan citra merek melalui bauran distribusi dapat dilakukan denganmeningkatkan citra showroom Suzuki, antara lain dengan menetapkan standarisasipenampilan dan fasilitas showroom Suzuki di seluruh Indonesia danmeningkatkan kemampuan sumber daya manusia di showroom yang menjadiujung tombak dalam melayani konsumen. ABSTRACT The objective of this thesis is to find out the influence of customer perception onproduct, place, and price to brand image in building Suzuki Ertiga’s brand equity.This thesis is using exploratory research design by conducting literature reviews,and also descriptive research design by conducting survey using structuralquestionnaire. The survey was conducted to 180 respondents that consideredbeing part of the population of Suzuki Ertiga’s owners who live in DKI Jakartaarea. The sampling method used is non probability with judgmental sampling. Theresult of this thesis shows that customer perception on place and price influencesthe brand image of Suzuki Ertiga, while customer perception on product doesn’tinfluence the brand image of Suzuki Ertiga. Jointly, customer perception onproduct, place, and price, influences the brand image of Suzuki Ertiga and willeventually influence its brand equity. The researcher suggests that companyshould develop brand image of Suzuki Ertiga through its product and place mix inorder to build its brand equity. The development of brand image through itsproduct mix can be done by adding lifestyle value on its present product’s brandimage, which is associated as family car, so the new brand image of the productwill be a trendy family car. The development of brand image through its placemix can be done by improving the image of its showrooms, consist of applyingstandardization for the appearance and facilities of all its showrooms, and also byimproving the skills of human resources in showroom as they are the ones to servecustomers directly. |
T-Pdf Farida Meity Romauli Limbong.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 143 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350156 |