:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan pola asuh authoritarian dan komitmen beragama dengan kebahagiaan yang dimoderatori arranged-marriage : studi pada wanita keturunan Arab Baalwy dengan berbagai tahapan usia dewasa di Jakarta = Correlation of authoritarian parenting style and religious commitment with happiness which are moderatored by arranged-marriage : study on women of Arab Baalwy's descendents with various stages of adulthood in Jakarta

Aisyah; Winarini Wilman D. Mansoer, supervisor; Bagus Takwin, examiner; Eko Handayani, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebahagiaan wanita yang menjalani arranged-marriage dan membuktikan adanya hubungan secara simultan antara pola asuh authoritarian dan komitmen beragama dengan kebahagiaan (subjective happiness) yang dimoderatori arranged-marriage pada wanita keturunan Arab Baalwy dengan berbagai tahapan usia dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan mixed-methods dengan prosedur dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 103 partisipan, dengan pengisian kuesioner dan pertanyaan terbuka. Tahap kedua dilakukan dengan wawancara terhadap sembilan partisipan yang mewakili kelompok tahapan usia, tingkat perjodohan, dan tingkat kebahagiaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya tingkat kebahagiaan partisipan tinggi. Selain itu terbukti adanya hubungan yang simultan dan signifikan antara komitmen beragama dan arranged-married dengan kebahagiaan. Namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh authoritarian dengan kebahagiaan baik secara langsung maupun dimoderatori oleh arranged-marriage. Dari wawancara diperoleh hasil bahwa kebahagiaan wanita keturunan Arab yang menjalani arranged-marriage mencakup aspek rasa syukur, keharmonisan dalam rumah tangga dan materi. Tampak kecenderungan bahwa pandangan mereka tentang kebahagiaan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai agama.

The purpose of this study was to investigate the correlation of authoritarian parenting style and religious commitment with happiness, which are moderatored by arranged-marriages simultaneously on women of Arab Baalwy?s descendent. This research included two steps. First step was conducted using quantitative and qualitative approach involving 103 participants. Second step was conducted using qualitative approach involving 9 participants. The results of quantitative approach, showed that the religious commitment and arrangedmarriage had significant contribution to happiness, simultaneously. Beside that, authoritarian parenting style had no significant contribution to happiness. Meanwhile, the result of qualitative approach, showed the illustration happiness of women of Arab Baalwy?s descendent who had arranged-marriage married and authoritarian parenting style, is caused by religious commitment.

 File Digital: 1

Shelf
 T35812-Aisyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T35812
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 86 pages : ill.ustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35812 15-19-427890410 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350175