:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peningkatan budaya pembelajaran untuk optimalisasi kinerja finansial KC XYZ Bank MS melalui penerapan individual development plan (IDP) dan community of practices (CoP) = Learning culture improvement to optimize financial performance in XYZ branch of the MS Bank through the implementation of individual development plan (IDP) and community of practices (CoP) / Peby Elan Surya Diningrat

Peby Elan Surya Diningrat; Andreas Budihardjo, examiner; Matindas, Rudolf Woodrow, co-promotor; Salendu, Alice, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di salah satu kantor layanan Bank MS, KC XYZ, sebuah
perusahaan perbankan syariah terbesar di Indonesia. Bank merupakan salah satu
perusahaan yang sangat mengandalkan kualitas pengetahuan pegawainya,
knowledge-intensive firms. Perusahaan ini mengandalkan pengetahuan para
pegawainya untuk memperbaharui produk dan jasa, merubah sistem dan struktur,
serta mengkomunikasikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh
konsumen. Pengetahuan merupakan produk dari proses double-loop learning pada
suatu organisasi. Organisasi yang menerapkan single dan double-loop learning
adalah learning organization. Dengan demikian, untuk memenangkan persaingan
bisnis di industri perbankan dan menjaga kesinambungan kinerjanya, sebuah bank
harus menjelma menjadi organisasi yang menerapkan budaya pembelajaran.
Program intervensi untuk mengoptimalkan budaya pembelajaran adalah program
individual development plan dan program komunitas saling berbagi dengan
penekanan pada kebutuhan pemenuhan pengetahuan penting melalui Community
of Practice. Kedua program intervensi ini mengandalkan peran para manajer
sebagai knowledge facilitator yang akan membantu dan mempercepat proses
pembelajaran seluruh pegawainya.

ABSTRACT
The research was conducted in one of the branches of MS Bank (XYZ Branch)
which is the Indonesia's largest Islamic banking. It is obvious that bank relies
heavily on the quality of employees knowledge and knowledge-intensive. Bank
relies on the knowledge of their employees to renew products and services,
change the systems and structures, as well as communicate the solutions of the
problems faced by customers to the employees. Knowledge is product of both
single-loop and double-loop learning in an organization. Organization that
implements single-loop and double-loop learning can be addressed to as a
learning organization. In order to win the tough competition and to sustain its high
performance, a bank must apply a learning culture. Intervention program to
optimize the learning culture of the XYZ Branch was chosen. This culture focuses
on the individual development program and community sharing program wich
emphasizes obtaining the crucial knowledge through Community of Practices.
These intervention programs rely much on the manager role as a knowledge
facilitator in supporting and accelerating the learning process to all their
subordinates.

 File Digital: 1

Shelf
 T35738-Peby Elan Surya Diningrat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T35738
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 93 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35738 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350176