Peningkatan budaya pembelajaran untuk optimalisasi kinerja finansial KC XYZ Bank MS melalui penerapan individual development plan (IDP) dan community of practices (CoP) = Learning culture improvement to optimize financial performance in XYZ branch of the MS Bank through the implementation of individual development plan (IDP) and community of practices (CoP) / Peby Elan Surya Diningrat
Peby Elan Surya Diningrat;
Andreas Budihardjo, examiner; Matindas, Rudolf Woodrow, co-promotor; Salendu, Alice, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di salah satu kantor layanan Bank MS, KC XYZ, sebuahperusahaan perbankan syariah terbesar di Indonesia. Bank merupakan salah satuperusahaan yang sangat mengandalkan kualitas pengetahuan pegawainya,knowledge-intensive firms. Perusahaan ini mengandalkan pengetahuan parapegawainya untuk memperbaharui produk dan jasa, merubah sistem dan struktur,serta mengkomunikasikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi olehkonsumen. Pengetahuan merupakan produk dari proses double-loop learning padasuatu organisasi. Organisasi yang menerapkan single dan double-loop learningadalah learning organization. Dengan demikian, untuk memenangkan persainganbisnis di industri perbankan dan menjaga kesinambungan kinerjanya, sebuah bankharus menjelma menjadi organisasi yang menerapkan budaya pembelajaran.Program intervensi untuk mengoptimalkan budaya pembelajaran adalah programindividual development plan dan program komunitas saling berbagi denganpenekanan pada kebutuhan pemenuhan pengetahuan penting melalui Communityof Practice. Kedua program intervensi ini mengandalkan peran para manajersebagai knowledge facilitator yang akan membantu dan mempercepat prosespembelajaran seluruh pegawainya. ABSTRACT The research was conducted in one of the branches of MS Bank (XYZ Branch)which is the Indonesia's largest Islamic banking. It is obvious that bank reliesheavily on the quality of employees knowledge and knowledge-intensive. Bankrelies on the knowledge of their employees to renew products and services,change the systems and structures, as well as communicate the solutions of theproblems faced by customers to the employees. Knowledge is product of bothsingle-loop and double-loop learning in an organization. Organization thatimplements single-loop and double-loop learning can be addressed to as alearning organization. In order to win the tough competition and to sustain its highperformance, a bank must apply a learning culture. Intervention program tooptimize the learning culture of the XYZ Branch was chosen. This culture focuseson the individual development program and community sharing program wichemphasizes obtaining the crucial knowledge through Community of Practices.These intervention programs rely much on the manager role as a knowledgefacilitator in supporting and accelerating the learning process to all theirsubordinates. |
T35738-Peby Elan Surya Diningrat.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35738 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 93 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35738 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350176 |