Identifikasi karakteristik dinamik jembatan teksas dengan monitoring vibrasi = Identification of dynamic characteristics of teksas bridge by vibration monitoring / Nieke Anggia Puri Zulhaida
Nieke Anggia Puri Zulhaida;
Josia Irwan Rastandi, supervisor; Heru Purnomo, examiner; Elly Tjahjono, examiner; Essy Arijoeni Basoenondo, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Karakteristik dinamik struktur yang berupa periode getar dan pola ragam getarsuatu struktur eksisting dapat diperoleh melalui pengolahan data monitoringvibrasi struktur tersebut.Pada penelitian ini, monitoring vibrasi dilakukan dengan menggunakan 5 buahtriaxial accelerometer yang diletakkan dengan beberapa pola pada lantaijembatan. Dengan menggunakan Transformasi Fourier didapat respons strukturdalam domain frekuensi. Dari respons spektrum ini kemudian didapat periodegetar dan pola ragam getar alami struktur. Hasil pengujian ini kemudiandibandingkan dengan hasil analisa dari pemodelan struktur yang dilakukandengan program MIDAS.Dari penelitian ini berhasil dilakukan modal extraction terhadap lima modepertama jembatan. Periode getar hasil eksperimen menunjukkan hasil yang identikdengan hasil pemodelan dimana rata-rata error adalah sebebsar 12.364%. Polaragam getar yang diperoleh dari hasil eksperimen cukup identik pula dengan hasilpemodelan. Dengan menggunakan metode Half Power Bandwidth didapat pularedaman struktur yang berkisar antara 1.757 – 5.13%. ABSTRACT Dynamic characteristics of structure which consist of natural period of vibrationand mode shape of an existing structure can be obtained from analysis of vibrationmonitoring data of the structure.In this research, an experimental vibration monitoring field investigation ispresented. The experimental procedure involves instrumenting 5 triaxialaccelerometer that located on bridge deck in a few layout arrangements. Byimplementing Fourier Transform structure response in frequency domain isobtained. From this response spectrum natural period of vibration and mode shapeof structure can be extracted. Finite element model of the bridge using MIDASsoftware is validated against experimental results.Result shows that from experimental, modal extraction of 5 first mode of thebridge has been accomplished. Natural period based on experimental result showsidentical result compared to the modelling results with average error of 12.364%.Mode shape based on experimental result and modelling result are also identical.By implementing Half Power Bandwidth method damping ratio of bridge isranging from 1.757% to 5.13%. |
T35422-Nieke Anggia Puri Zulhaida.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35422 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xix, 122 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35422 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350294 |