Pengaruh paket edukasi Talasemia (PedTal) terhadap kualitas hidup anak talasemia = The effect of thalassemia education package (PedTal) on the quality of life of children with thalassemia / Retno Puji Hastuti
Retno Puji Hastuti;
Allenidekania, supervisor; Nur Agustini, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Penyakit talasemia dan pengobatannya serta rendahnya pengetahuan orang tuadapat menyebabkan rendahnya kualitas hidup anak talasemia. Penelitian inibertujuan mengetahui pengaruh paket edukasi talasemia (PEdTal) terhadapkualitas hidup anak talasemia. Metode penelitian quasi eksperimen with pre andpost test kepada 14 orang anak dan orang tua yang dipilih dengan teknikconsecutive sampling. Data dianalisis dengan uji analitik komparatif numerikberpasangan (paired t test). Hasil penelitian yaitu pengetahuan orang tua, perilakudan kualitas hidup anak talasemia meningkat setelah pemberian PEdTal, terdapatperbedaan signifikan pengetahuan orang tua sebelum dan setelah pendidikankesehatan (p=0.001), tidak ada perbedaan signifikan kualitas hidup sebelum dansetelah diberikan PedTal serta tidak ada perbedaan kualitas hidup menurut laporananak dan orang tua (p > 0.05). Saran perawat pediatrik meningkatkanketerampilan edukasi kesehatan dan menerapkan penilaian kualitas hidup anakpada pengkajian keperawatan anak talasemia. ABSTRACT The disease of thalassemia, its treatment and low parental knowledge may leads topoor quality of life (QoL) in children with thalassemia. This study aimed toidentify the effect of thalassemia education package (PEdTal) on QoL of childrenwith thalassemia. This quasi-experimental research used pre and post test designto 14 children and parents selected by consecutive sampling technique. Data wereanalyzed by paired t test. The results were parental knowledge, behaviour andQoL of children with thalassemia increased after receiving PEdTal, there wassignificant difference in parental knowledge before and after health education (p =0.001), there were no significant differences in QoL before and after being receivePedTal and QoL according to child and parent proxy reports (p > 0.05). Pediatricnurses should enhance the skills of health care education and implement PedsQLin nursing assessment for thalassemia children. |
![]()
|
No. Panggil : | T35788 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35788 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350351 |