Hubungan enam faktor karatif perilaku caring watson yang dipersepsikan perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap dewasa Rumah Sakit Umum Tangerang = The relationship among watson's six carative factors of caring behaviour perceived by nurses through patient patisfaction level in the inpatient care unit Rumah Sakit Umum Tangerang / Rio Rahmawati
Rio Rahmawati;
Mustikasari, supervisor; Sukihananto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Perilaku caring adalah inti dari keperawatan dan merupakan fokus sentral yangmenyatu dalam praktik keperawatan. Asuhan keperawatan yang bermutu denganmemperlihatkan sikap caring kepada pasien memiliki hubungan dengan kepuasanpasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara enam faktor karatifperilaku caring Watson yang dipersepsikan perawat dengan kepuasan pasien diRuang Rawat Inap Dewasa Rumah Sakit Umum Tangerang. Penelitian deskriptifkorelasi dengan rancangan cross sectional ini menggunakan sampel sejumlah 97perawat dan 97 pasien. Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisismenggunakan univariat dan bivariat (Chi Square). Hasil penelitian menunjukkanada hubungan bermakna antara enam faktor karatif perilaku caring Watson yangdipersepsikan perawat dengan kepuasan pasien dengan p value 0,034 (α = <0.05).Rumah sakit perlu membudayakan enam faktor karatif perilaku caring dalamsetiap asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien. ABSTRACT Caring behaviour is the core of nursing and also as focal point in nursing practice.Good quality of nursing practice which demonstrates caring intention hassignificant relationship with patient satisfaction. This research has objective torecognize the relationship among six factors of carative in Watson’s caringbehaviour which are perceived by nurses through patient satisfaction level in theInpatient Care Unit of Rumah Sakit Umum Tangerang. The research ofdescriptive correlation with cross sectional design observed objects of 97 nursesand 97 patients. The data were collected through questionnaires with univariateand bivariate (Chi Square) method for data analysis. This research recognizedsignificant relationship between six factors of carative of caring behaviour withnurse’s perception through patient satisfaction level with p value of 0,034. Thehospital is required to cultivate six factor of caring behaviuor in their each nursingpractice deliverables to the patients. |
![]()
|
No. Panggil : | T38264 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 142 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38264 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350358 |