Analisis perbedaan ekuitas merek kosmetik berbahan alami produksi Indonesia dan kosmetik berbahan alami impor di Bekasi = Difference analysis between Indonesian natural based cosmetic product and imported natural based cosmetic product's brand equity in Bekasi
Wina Sundari;
Iskandarsyah, supervisor; Bernard T. Widjaja, examiner; Wong Lip Wih, examiner; Anton Bahtiar, examiner
(Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2013)
|
Tren produk kosmetik berbahan alami atau natural based cosmetic productsmemiliki pasar yang luas dan menjanjikan baik di dalam maupun di luar negeri.Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa mempunyaipotensi besar untuk ikut ambil bagian dalam tren ini. Di pasaran terdapat banyakkosmetik berbahan alami impor yang merupakan pesaing bagi kosmetik berbahanalami produksi Indonesia. Kedua produk ini memiliki keunggulan dalam strategipemasaran produk. Produk impor cenderung memiliki modal besar untuk beriklandi media massa, sedangkan produk kosmetik Indonesia telah melekat dalamkehidupan masyarakat. Hal-hal tersebut akan mempengaruhi ekuitas merek keduakosmetik berbahan alami di benak masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara kosmetik berbahanalami Indonesia dan kosmetik berbahan alami impor. Pengumpulan datadilakukan di Bekasi dengan alat berupa kuesioner yang telah diuji validitas danrealibilitas. Bekasi merupakan daerah suburban dimana masyarakatnya beradadalam peralihan kota dan desa. Diharapkan masyarakat Bekasi dapat mewakilikarakteristik masyarakat kota, desa, dan suburban itu sendiri. Penelitian dilakukandengan metode convenience sampling di tempat-tempat perawatan kecantikan diBekasi dengan jumlah sampel 200 orang.Responden di Bekasi memiliki perbedaan antara kosmetik berbahan alamiIndonesia dengan ekuitas merek dengan kosmetik berbahan alami impor diseluruh dimensi ekuitas merek. Kosmetik berbahan alami Indonesia memiliki nilairata-rata yang lebih tinggi di semua dimensi ekuitas merek. The trend of cosmetic products made from natural ingredients or natural-basedcosmetic products has a vast and promising market both nationwide and abroad.Indonesia as a country with tremendous natural wealth has great potential to takepart in this trend. In the market there are many imported natural-based cosmeticswhich is a competitor for Indonesian natural-based cosmetics product. Both ofthese products have advantages in product marketing strategy. Imported productstend to have a large capital to advertise in the mass media, while the Indonesiannatural-based cosmetic products have been embedded in people's lives. Thesethings will affect the brand equity of both natural cosmetics brands in the minds ofthe public.This study aimed to analyze the differences between Indonesian natural-basedcosmetics and imported natural-based cosmetics. The data was collected inBekasi by questionnaire that had been tested for validity and reliability. Bekasi isa suburban area where people are in transition between the capital and ruralareas, so hopefully the people of Bekasi can represent the characteristics of rural,urban and suburban people itself. Sampling method that was used in this study isconvenience sampling method that was done ini beauty service vendors in Bekasi.There are 200 respondents ini this study.The respondents in Bekasi have a difference in Indonesian natural-basedcosmetics brand equity and imported natural-based cosmetics brand equity. Therespondent in Bekasi have a higher average value in all the dimensions of brandequity in Indonesian natural-based cosmetics. |
![]()
|
No. Panggil : | T35012 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 71 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35012 | 15-23-93039289 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350380 |