Analisa penambahan taxiway penghubung sisi timur di Bandar Udara Soekarno Hatta = Analysis of east side addition connecting taxiway at Soekarno Hatta Airport / Krisna Dia Pranata
Krisna Dia Pranata;
Tri Tjahjono, supervisor; Nahry, examiner; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, examiner; Alan Marino, supervisor
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penambahantaxiway penghubung sisi timur dalam mengoptimalkan kapasitas bandar udaraSoekarno Hatta. Observasi dilakukan untuk melihat waktu tempuh yangdipergunakan untuk mencapai parkir (apron) dari runway dari posisi mendarat diBandara Soekarno Hatta. Metode yang dilakukan adalah melakukan pengamatansecara langsung terhadap pergerakan pesawat yang mendarat di runway utarayang parkir di terminal utara dan selatan, pergerakan pesawat yang mendarat dirunway selatan yang parkir di terminal utara dan selatan. Pengolahan datadilakukan dengan cara uji korelasi, dan analisa jaringan.Hasil analisa diperoleh waktu tempuh pada taxiway penghubung sisi timur adalah132,02 + t detik, dengan t adalah koefisien waktu tempuh akibat posisipendaratan. Akibat penambahan taxiway penghubung sisi timur mengakibatkanpenambahan kapasitas landas pacu sebesar 31 % dan pengurangan delay sebesar0,56 %. ABSTRACT This study is intended to determine how large the effect of adding taxiwaysconnecting the east side in order to optimize the capacity of Soekarno Hattaairport. Observation was done to see the travel time used to parking at apron ofthe position of the landing runway at Soekarno Hatta Airport. The method used isto conduct direct observation of the movement of the plane landed on the runwaynorth terminal parking at the north and south, and observation the movement ofaircraft that landed in the parking lot south runway at the north and southterminals. Data processing is done by testing the correlation, and networkanalysis.Travel time analysis results obtained on the taxiway connecting the east side is132.02 + t seconds, where t is the travel time coefficient due to the landingposition. Due to the addition of taxiway connecting the east side of the runwayresulting in additional capacity by 31% and 0,56 % delay reduction |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 122 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350385 |