Sistem penilai esai otomatis menggunakan model bound encoding of the aggregate language environment beagle = Automatic essay scoring using bound encoding of the aggregate language environment beagle model / Yoannita
Yoannita;
Manurung, Hisar Maruli, supervisor; Mirna Adriani, examiner; Indra Budi, supervisor; R. Yugo Kartono Isal, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Sistem evaluasi pembelajaran berbasis soal esai mempunyai kelemahan misalnyamembutuhkan waktu yang lama bagi pengajar untuk membaca serta menilaisemua jawaban. Solusi dari kendala tersebut adalah suatu sistem penilai jawabanesai otomatis. Metode yang menganalisis makna semantik seperti Latent SemanticAnalysis (LSA) telah digunakan sebagai metode dalam sistem penilai esaiotomatis. Metode lain yang menganalisis makna semantik seperti BEAGLE(Bound Encoding of the Aggregate Language Environment) mencakup informasiurutan kata sebagai tambahan dari informasi konteks. Pembelajaran padaBEAGLE terdiri dari pembelajaran berbasis konteks, pembelajaran berbasisurutan kata, maupun campurannya (berbasis konteks dan urutan kata). Penelitianini membandingkan efektifitas tiga macam pembelajaran pada BEAGLE untukmenilai jawaban esai serta membandingkan efektifitas BEAGLE dan LSA untukmenilai jawaban dalam bentuk esai. Uji coba dilakukan dengan 14 soal esaidengan sifat soal subjektif maupun objektif. Berdasarkan penelitian ini, rata-ratakorelasi nilai BEAGLE-manusia (0,36) lebih tinggi dari LSA-manusia (0,22). ABSTRACT Learning evaluation system based on essay has disadvantages such as it takes along time for teachers to read and score all the student’s answers. The solution ofthis problem is an automatic essay scoring. Method like Latent Semantic Analysis(LSA) which analyze the semantic meaning, is often used as a method ofautomatic essay scoring. Another method which analyze the semantic meaning,BEAGLE (Bound Encoding of the Aggregate Language Environment) includesorder information as additional information of context information. Learningprocess on BEAGLE consist of context-based learning, order-based learning, orcomposite learning (context-based and order-based). This study compare theeffectiveness of this learning methods on BEAGLE to score student’s essay andcompared the effectiveness between BEAGLE and LSA to score student’s essay.There are 14 essays with subjective and objective questions tested on this study.Based on this study, the average correlation value of BEAGLE-human (0.36) ishigher than LSA-human (0.22). |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350446 |