Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : x, 119 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35257 15-25-32613554 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350449
 Abstrak
Tesis ini membahas konstruksi identitas Islam dalam sosok perempuan berjilbab dalam tiga film islami pasca-Orba. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks dalam adegan dan dialog tiga film dengan berlandaskan pada konsep identitas Castells, ideologi patriarki, dan hermeneutik al-Qur?an Asma Barlas. Identitas keislaman tiga sosok perempuan berjilbab terikat oleh relasi kekuasaan patriarki dalam tafsiran teks agama, sehingga perempuan mengalami ketidaksetaraan gender. Hasil penelitian membuktikan bahwa tiga sosok perempuan berjilbab menunjukkan keislamannya lewat pilihan mereka sendiri dalam memperjuangkan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan gender dihadapan laki-laki. ...... This thesis discusses the construction of Islamic identities through imaged of veiled women in three post-New Order islamic films. The research uses textual analysis in analyzing the film scenes and dialogues based on the theories proposed by Castells on identity formation, Asma Barlas?s feminist hermeneutics of al-Qur?an, gender, and patriarchy. Islamic identities as represented by veiled women are related to men?s power and monopoly of interpretation of the sacred texts, and as the result, women have always been discriminated. The results of this research proves that women?s religious piety is showed by their choice in struggling for a freedom, justice, and equality with men.