ABSTRAK Tema penelitian ini adalah Wilayah Pengembangan Pendidikan SMP diKota Jambi, rumusan masalah yang diteliti adalah karakteristik wilayah sebaranlokasi SMP berdasarkan parameter kualitas SMP dan wilayah pengembanganpendidikan SMP di Kota Jambi. Untuk mengetahui karakteristik wilayah sebaranlokasi SMP berdasarkan parameter kualitas SMP di Kota Jambi. Pendekatan yangdi gunakan adalah analisis secara spasial dan uji statistik. Variabel yangdigunakan adalah jumlah penduduk usia SMP, angka partisipasi sekolah,kerapatan jaringan jalan (faktor eksternal), jarak siswa dan waktu tempuh siswa(faktor siswa), nilai rata-rata ujian nasional sebagai parameter kualitas SMP, rasiokelas dan murid, rasio guru profesional dan murid, jumlah ruang sarana penunjang(faktor internal). Untuk mengetahui wilayah pengembangan pendidikan SMPpendekatan yang digunakan adalah membuat wilayah prioritas berdasarkanprosentase klasifikasi rendah terhadap fator internal dan eksternal di tiapkelurahan. Karakteristik wilayah terkait dengan mutu SMP pada ring 1didominasi oleh kwalitas SMP sedang dengan klasifikasi rasio murid dan kelasdibawah standar, rasio guru profesional dan murid diatas standar, mutu saranaprasana rendah. Karakteristik wilayah pada ring 2 di dominasi oleh kwalitas SMPsedang dengan klasifikasi rasio kelas dan murid dibawah standar, rasio guruprofesional dan murid diatas standar, klasifikasi ruang sarana prasana tinggi danrendah. Karakteristik wilayah pada ring 3 di dominasi oleh kwalitas SMP sedangdengan rasio murid dan kelas dibawah standar, rasio guru profesional dibawahstandar, mutu ruang sarana prasarana sedang. Pada faktor eksternal kualitas SMPtinggi mengikuti karakter wilayah dengan jumlah penduduk usia sekolah kategorirendah, angka partisipasi sekolah kategori rendah, indeks kerapatan jalan kategorisedang. Pada faktor siwa, semakin dekat lokasi SMP ke CBD jarak siswa kelokasiSMP semakin jauh. Terkait waktu tempuh siswa klasifikasi lama menjadi karakterwilayah pada ring 1 dan 3 dan waktu tempuh sedang pada ring 2. Wilayahpengembangan pendidikan SMP prioritas utama adalah Kelurahan Kenali AsamBawah, Kelurahan Talang Bakung, Kelurahan Thehok, Kelurahan Sungai Putri,Kelurahan Talang Banjar, Kelurahan Beringin dan Kelurahan Solok Sipin ABSTRACT This research theme is Education Development Area of Junior High School in thecity of Jambi, the formulation of the problem under study is characteristic of thedistribution area of locations SMP based on the SMP’s quality parameter and theeducation development area in the city of Jambi. To determine the characteristicsof the distribution area of location based on the parameters of quality juniorsecondary schools in the Jambi. The approach that used is spatial analysis andstatistical analysis. Variables that used are the number of age junior high schoolpopulation, school participant rate, density of road network (external factors),students distance and student travel time (students factor), the average value of thenational exam as a junior high school quality parameters, class and students ratio,professional teachers and students ratio, the amount of support facilities (internalfactors). To find the area of junior high school education development, theapproach that is used is to make the priority area based on low classificationpercentage of the internal and external factor in each political district. Based onthe discussion, it can be concluded as follows: Regional characteristics associatedwith quality of SMP in ring 1 are dominated by medium quality of junior highschool with the middle rate with students and class ratio is under of the standard,professional teacher and student ratio above the standard, the classification ofinfrastructures facilies below the standart. Characteristics of the ring 2 isdominated by medium quality of junior high school with the middle rate with theclassification of class and student ratio below the standard, professional teacherand student ratio above the standard, the classification of infrastructures is in themiddle rate and low. Characteristics of ring 3 is dominated by medium quality ofjunior high school with the class and student ratio is sub-standard, professionalteacher ratio is below the standard, quality of infrastructure is in the middle rate.Quality of the junior high school with external factor follow the character of thearea with low a population of school-age, low school participant rate, the categoryof medium of road density index. Quality of the junior high school with studentfactor, the location SMP closer to the CBD distance farther, related to theclassification of a long travel time students become characters in the ring region 1and 3 and the travel time being in ring 2. Area of education development in thetop priority are Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kelurahan Talang Bakung,Kelurahan Thehok, Kelurahan Sungai Putri, Kelurahan Talang Banjar, KelurahanTalang Banjar, Kelurahan Beringin dan Kelurahan Solok Sipin |