Pengaruh kualitas pelayanan SMS gateway sebagai media informasi terhadap kepuasan dan komitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor = The influence of sms gateway quality service as information media toward customer's satisfaction dan commitment at PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor / Zie Zie Zia Sabtama
Zie Zie Zia Sabtama;
Muhamad Asvial, examiner; Dadang Gunawan, examiner; Arifin Djauhari, examiner; Fajardhani, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Tesis ini menganalisis pengaruh Kualitas SMS Gateway sebagai media informasiterhadap Kepuasan dan Komitmen Pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan KabupatenBogor. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) menganalisis berapa banyakpeningkatan kepuasan dan komitmen pelanggan dalam menggunakan SMS Gatewayberdasarkan persamaan regresi linier 2) menganalisis berapa kuat hubungan antarakualitas pelayanan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya dengan kepuasan pelanggandan 3) menganalisis berapa kuat hubungan antara kepuasan pelanggan ataspenggunaan SMS Gateway beserta aspek-aspeknya atas kualitas pelayanan SMSGateway beserta dengan komitmen pelanggan 4) menganalisis berapa besar pengaruhkualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan dan menganalisisberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan SMS Gatewayterhadap komitmen pelanggan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sedangkan untukpengolahan data menggunakan pengukuran skala likert. Adapun untuk analisis datamenggunakan persamaan regresi linier, korelasi pearson dan koefisien penentudengan bantuan software SPSS. Jumlah responden yang diteliti adalah sebanyak 100orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kualitas pelayanan SMS Gatewayterhadap kepuasan pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu (z hitung) yaitusebesar 8,4672 dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitusebesar 9,365. Sedangkan pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas SMS Gatewayterhadap komitmen pelanggan diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,93dan untuk aspek-aspeknya diperoleh nilai koefisien penentu yaitu sebesar 6,55.Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa nilai z hitung lebih besar daripada nilaiz table dimana nilai z tabel adalah sebesar 5,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang kuat antara kualitas pelayanan SMS Gateway terhadap kepuasan dankomitmen pelanggan di PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. ABSTRACT This thesis analyzes the influence of SMS Gateway Quality service as informationmedia toward Customer’s Satisfaction and Commitment at PDAM Tirta KahuripanKabupaten Bogor. The purpose of this research are. 1) to analyze the improvement ofcustomer’s satisfaction and commitment after using SMS Gateway by LinierRegression Equation 2) to analyze how strong the correlation between SMS Gatewayquality service with it’s aspects and PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogorcustomer’s satisfaction and 3) to analyze how strong the correlation betweencustomer’s satisfaction with it’s aspects and customer’s commitment 4) to analyzehow strong the influence of SMS Gateway quality service with it’s aspects towardcustomer’s satisfaction and the influence of customer’s satisfaction with it’s aspectstoward customer’s commitment .This research uses survey method for data gathering, whereas uses likert scale, linierregression, pearson correlation, determinant coeficcien and SPSS Software for dataprocessing. The total respondent of this research are 100 respondents. The result ofdata processing shows that determinant coefficien value (z value) of SMS Gatewayquality service toward customer’s satisfaction is 8,4672, whereas it’s aspect is 9,365.The result of data processing shows that determinant coefficien value (z value) ofcustomer’s satisfaction toward customer’s commitment is 6,93, whereas it’s aspect is6,55. The result shows that z value is higher than z table where z table value is 5,18.It can be concluded that there is strong influence of SMS Gateway quality servicetoward customer’s satisfaction and commitment at PDAM Tirta Kahripan KabupatenBogor. |
![]()
|
No. Panggil : | T35153 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 103 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35153 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350453 |