Optimasi pergerakan pesawat terbang pada area taxiway = The optimization of aircraft movement on the taxiway area / Novy Husaeny
Novy Husaeny;
Tri Tjahjono, supervisor; Nahry, supervisor
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah proses optimasi terhadap sejumlah penerbangandengan suatu periode waktu yang dilakukan secara berurutan (sequential) antarsatu penerbangan dengan penerbangan berikutnya sesuai dengan prinsip first comefirst serves. Metode optimasi didasarkan pada prinsip pemilihan rute terpendekantara titik awal dan akhir pergerakan pesawat di area taxiway, denganmempertimbangkan waktu tunggu yang mungkin dihasilkan akibat menghindariterjadinya konflik dalam pergerakan di area taxiway. Rute terbaik dipilihberdasarkan total waktu taxiing dan waktu tunggu yang paling minimum diantarasekumpulan alternatif rute dengan waktu tunggu yang diakibatkan. Kumpulan ruteditentukan berdasarkan prinsip shortest path dimana penerbangan setelahnyaakan menyesuaikan proses pergerakan terhadap penerbangan yang telahdioptimasi sebelumnya. Optimasi dibatasi oleh jumlah waktu tunggu maksimaldan batasan separasi minimum antar pesawat di area taxiway. Proses optimasipergerakan pesawat terbang pada area taxiway ditampilkan dalam bentukalgoritma. Algoritma diujikan pada contoh kasus penerbangan di Bandar UdaraNgurah Rai Bali. Hasil optimasi dari 10 (sepuluh) nomor penerbanganmenghasilkan nilai total pergerakan sejumlah 384 detik lebih baik daripada prosespembebanan penerbangan berdasarkan adjustment dari pengontrol lalu lintasudara (ATC) dengan menggunakan jadwal dan nomor penerbangan yang sama. ABSTRACT The purpose of this study is the optimization of the number of flights to a timeperiod that is done sequentially between one flight to the next flight inaccordance with the principle of first comefirst serves. Optimization method based on the principle of choosing the shortestroute between the start and end of the movement of aircraft onthe taxiway area, taking into account the waiting time may result due to avoid anyconflict in the movement in the taxiways area. Best route selected basedon total time Taxiing and the minimum waiting time between a set of alternativeroutes to the waiting time caused. Set of the shortest path is determined basedon the principle of cost thereafter which will adjust the movement ofthe flight which was previously optimized. Optimization is limited by the amountof the maximum waiting time and the minimumlimited separation between aircraft onthe taxiway area. Process optimization aircraft movements on taxiways area displayed in the form of algorithms. The algorithm was tested on a sample caseof flight at Bali's Ngurah Rai Airport. Optimization results of ten flightnumber produces a total value of 384 movements a second betterthan the imposition of cost based adjustment of ATC using the schedules and thesameflight number. |
![]()
|
No. Panggil : | T35213 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 67 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35213 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350468 |