Analisis kekuatan struktur kapal bermaterial komposit e-glass multiaxial dengan metode VARTM = Strength analysis of ship structure with e-glass composites multiaxial using VARTM method / Sri Lestari Maharani
Sri Lestari Maharani;
Sunaryo, translator; Gatot Prayogo, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Salah satu hal yang sedang berkembang dan banyak digunakan di industriperkapalan yaitu teknologi laminasi material komposit fiber dengan metodeVacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM). Di Indonesia, sistem inimasih belum dioptimalkan penerapannya karena belum adanya peraturan yanglebih spesifik mengenai proses pembuatan, menghitung jumlah lapisan, dankekuatan komposit jika menggunakan proses Vacuum Assisted Resin TransferMolding (VARTM). Laminasi komposit VARTM disusun dengan menyamakanjumah fiber konten komposit dengan menggunakan metode Hand Lay Up. Karenaitu, dilakukan analisis kekuatan struktur komposit quasi isotropic dan simetrispada kapal dengan metode finite element. Analisis kekuatan memanjangdilakukan pada keadaan statik dengan kondisi gelombang Hogging dan Sagging,dan kriteria kegagalan Tsai Wu digunakan untuk mengetahui karakteritik laminakomposit. Lapisan laminate quasi isotropic memiliki kekuatan yang lebih baikpada struktur kapal dibandingkan lapisan simetris. Selain itu, berkurangnyaketebalan lambung kapal menyebabkan adanya pengurangan jarak framemelintang agar deformasi yang terjadi sesuai dengan yang diisyaratkan oleh kelas. ABSTRACT One of the things that are being developed and widely used in the shippingindustry is technology of laminated fiber composite materials by the method ofVacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM). In Indonesia, theimplementation of system is still not optimized because of the absence of morespecific regulations regarding the manufacturing process, counting the number oflayers, and the strength of the composite when using the Vacuum Assisted ResinTransfer Molding (VARTM). VARTM composite laminate composed by equatingthe number of fiber composite content by using the method of Hand Lay Up.Therefore, structural strength of composite quasi isotropic and symmetrical on theship analyzed by the finite element method. Longitudinal strength analysisperformed on static state with Sagging and hogging wave conditions, and Tsai Wufailure criteria are used to determine the characteristic of the composite lamina.Quasi-isotropic laminate layer has better strength compared to the structure of theship symmetrical layers. In addition, the reduced thickness of the hull causing areduction in the transverse frame spacing in order deformation that occurs inaccordance with the implied by the class. |
T35157-Sri Lestari Maharani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35157 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 59 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35157 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350483 |