Hubungan antara penerapan supervisi kepala ruang dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Dr. H. Soewondo Kendal = The relationship between implementation of supervision by head nurse and patients satisfaction in Dr. H. Soewondo General Hospital Kendal
Teguh Anindito;
Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner; Kuntarti, supervisor; Agustin Indracahyani, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013)
|
Supervisi Kepala Ruang terhadap perawat pelaksana penting dalam meningkatkankualitas asuhan keperawatan yang mereka berikan, sehingga dapat meningkatkankepuasan pasien. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara persepsiperawat terhadap penerapan supervisi kepala ruang dan kepuasan pasien ataspelayanan asuhan keperawatan yang diberikan perawat pelaksana. Desainpenelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatanCross Sectional. Teknik sampling dengan Purposive Sampling terhadap 94 pasiendan 94 perawat. Analisis statistik menggunakan Chi Square. Penelitianmendapatkan hasil bahwa supervisi berhubungan dengan kepuasan pasien(p=0,002;α=0,005;OR=4,762, CI=95%), sedangkan karakteristik pasien tidakberhubungan. Penelitian ini merekomendasikan untuk memperbaiki prosessupervisi dan perbaikan asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana terutamakomunikasi, kecepatan tanggap, kepedulian dan pengetahuannya untuk menjawabpertanyaan pasien demi kepuasan pasien. Head nurse’s supervision is important to enhance the quality of nursing care theyprovide, thereby increasing patients’ satisfaction. This study aimed to identify therelationship between the implementation of head nurse’s supervision perceived bynurse staff and patients’ satisfaction with nursing care. This study used descriptivecorrelative design and cross-sectional approach. Purposive sampling techniquewas utilized to involve 94 patients and 94 nurse staff. The patients and nurseswere given validated questionnaires to obtain data about satisfaction andsupervision implementation respectively. Statistical analysis using Chi Squareidentified that supervision was associated with patients’ satisfaction (p = 0.002; α= 0.005; OR = 4.762, CI = 95%), while patients’ characteristics has nocontribution to patients’ satisfaction.The study recommends to improvesupervision by head nurse and quality of nursing care. In order to enhancepatients’ satisfaction, aspects should be developed are communication,responsiveness, concern and knowledge to answer patients' questions |
T36059-Teguh Anindito.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T36059 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 104 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T36059 | 15-23-02096731 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350534 |