Efektivitas metode word building untuk mengajarkan membaca pada anak slow learner usia 7-8 tahun = The effectiveness of word building method to teach reading for slow learner children age 7-8 / Fardillah Ariati
Fardillah Ariati;
Rini Hildayani, supervisor; Edward Andriyanto Soetardhio, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Luh Surini Yulia Savitri, supervisor
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode word building yangdiberikan melalui intervensi pada anak slow learner usia 7-8 tahun efektifmeningkatkan kemampuan membaca. Metode word building merupakan metodeuntuk mengajarkan hubungan huruf-suara. Aplikasi metode ini menggunakankartu-kartu huruf yang disusun menjadi kata. Aktivitas di dalam metode ini,memberi kesempatan kepada anak untuk melihat secara langsung bahwapengubahan satu huruf di dalam satu kata dapat menghasilkan kata baru.Penelitian ini menggunakan desain penelitian the-before-and-after-study designatau dikenal juga dengan sebutan pre-test/post-test design. Analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari metode kualitatif dankuantitatif, dengan menggunakan t-test dan hasil observasi. Hasil perhitunganstatistik menunjukkan kemampuan membaca responden mengalami peningkatanwalaupun tidak signifikan. ABSTRACT The purposes of this research is to determine whether a word building methodthat given through intervention in slow learner children age 7-8 years old,effectively improve reading ability. Word building is a method to teach lettersound.Application of this method is using letter cards that arranged into a word.Activity in this method is giving children opportunities to experience the effects ona word of changing one letter. The-before-and-after-study design or known aspre-test/post-test design is used in this research. This research using quantitativeand qualitative for data analysis: t-test and observation. The result indicates thatthere is an improvement reading ability, before and after intervention, althoughnot significant. |
T35252-Fardillah Ariati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T35252 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35252 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350567 |