Program untuk pengasuh dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang = Program for caregiver in disciplining children to have afternoon naps / Djuanita Bowman
Djuanita Bowman;
Tjut Rifameutia Umar Ali, examiner; Fenny Hartiani, supervisor; Dini P. Daengsari, examiner; Puji Lestari S. Prianto, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dalammendisiplinkan anak untuk tidur siang yang diberikan melalui program intervensi.Peningkatan keterampilan dua pengasuh anak yang mengikuti kegiatan di TPAMakara UI dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang diukur dari pelaksanaanrutinitas yang disusun oleh pengasuh sebelum anak tidur siang dan kerutinantidur siang anak asuh. Intervensi dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut,yakni pada tanggal 31 Mei 2013 dan 1 Juni 2013. Materi dalam intervensi inimeliputi perkembangan anak usia 3-4 tahun, tidur siang,dan rutinitas tidur siang,serta penyusunan kegiatan rutin menjelang tidur siang dan penerapannya. Acuanutama peneliti dalam materi program mengacu pada teknik menyusun rutinitastidur siang anak adalah dari Pantley (2007). Gambaran pelaksanaan rutinitasmenjelang tidur siang diperoleh dari pengisian yang dilakukan oleh pengasuhpada buku log mengenai kegiatan selama 14 hari berturut-turut setelahpelaksanaan intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian inimerupakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara pada hari ke-4, ke-7,ke-11, dan ke-14 setelah intervensi selesai. Hasilnya adalah terjadi perubahanpada keterampilan pengasuh dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang. ABSTRACT The purpose of this research was to improve the capability of caregivers indisciplining children to have afternoon naps through an intervention program.The improvement of the two caregiver’s capability, who is a caregiver of a childthat took a program activity at the TPA Makara UI, of making the children taketheir afternoon nap will be seen from the implementation of a routine that isarranged by the caregiver before the child take a nap and the child’s routine oftaking an afternoon nap. The intervention was carried out for 2 (two) consecutivedays, on the 31st of May 2013 and the 1st of June 2013. Material given in thisintervention included development of children aged 3-4, afternoon naps, and theroutine of taking afternoon naps, as well the arranging of routinity before takingafternoon nap and the application. The program material was based on thetechnique of pre nap time routinity by Pantley (2007). Description of theimplementation of the routinity was taken from the content in the log book thatrecorded the nap routine for 14 consecutive days after the intervention by thecaregiver. The analysis of the data in this research used a qualitative method byconducting an interview on the 4th, 7th, 11th and 14th day after the intervention.The result was a changing in the skill of the caregiver to discipline the children totake a nap |
![]()
|
No. Panggil : | T35653 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 57 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T35653 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350604 |