:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis determinan pelaksanaan pendidikan kesehatan di rumah sakit = Determinants of health education at hospital / Nelly Febriani

Nelly Febriani; Hanny Handiyani, supervisor; Agustin Indracahyani, examiner; Ade Suryani, examiner; Kuntarti, supervisor; Agustin Indracahyani, examiner; Sukihananto, promotor; Eva Trisna, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendahuluan: pelaksanaan pendidikan kesehatan penting dilaksanakan rumah
sakit Tujuan: mengetahui faktor-faktor yang hubungan dengan pelaksanaan
pendidikan kesehatan di rumah sakit. Desain: deskriptif analitik terhadap 81
perawat pelaksana, dipilih dengan cosecutive sampling. Pengukuran faktor yang
mempengaruhi pendidikan kesehatan menggunakan kuesioner ( Cronbach= 0,953;
0,870). Hasil: Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan kesehatan yang
baik di antaranya persiapan, lingkungan dan sumber daya, serta sikap pasien
(p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Faktor yang paling dominan berpengaruh yaitu
persiapan pendidikan kesehatan (p=0,013; OR=3,87). Kesimpulan: Persiapan
pelaksanaan pendidikan kesehatan meningkatkan perawat pelaksana untuk
melaksanakan pendidikan kesehatan dengan baik sebesar 3, 87 kali lebih tinggi
dibanding pendidikan kesehatan yang tidak dipersiapakan dengan baik.
Rekomendasi: Meningkatkan pemahaman perawat akan perannya dalam
melaksanakan pendidikan kesehatan, dengan melakukan persiapan dan
menggunakan sumber daya yang ada.

ABSTRACT
Introduction: the implementation of health education at hospital is important
objective: determine the factors most related to implementation of health education
at hospital. Design: descriptive cross sectional analytic to 81 nurses, chosen by
cosecutive sampling. Measurement of factors that affect the implementation of
health education using questionnaires. Results: Factors that influence health
education is going well including preparation, environment and resources, and
patient’s attitudes (p=0,008; p=0,004; p= 0,023). Among the three factors that
affect the implementation of health education, found that the most dominant factor
is preparation to implementation of health education (p=0,013; OR=3,87).
Conclusion: preparation to implementation of health education would give 3, 87
times greater chance for nurses to conduct health education are well compared with
preparation are not do well. Recommendation: Increase the understanding of its
role and nurse will carry out health education, the preparation and use of available
resources.

 File Digital: 1

Shelf
 T35501-Nelly Febriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T35501
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T35501 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350621