:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Merger dan pemekaran pemerintahan daerah (studi banding merger di prefektur Tochigi-Jepang dan pemekaran di provinsi Sumatera Utara Indonesia = Merger and area divergence regional government comparative (study merger in prefecture Tochigi Japan and area divergence in north Sumatera province Indonesia / Nurlelawati Rambe

Rambe, Nurlelawati; Manurung, Lisman, supervisor; Sussy Ong, supervisor; Manurung, Sudung M., supervisor; Noerhadi Magetsari, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang perubahan sistem pemerintahan daerah di Jepang dan di Indonesia. Pada tahun 2005 Jepang melakukan penggabungan (merger) kota dan desa di berbagai prefektur yang disebut dengan Heisei no dai Gappei. Di samping itu pada awal tahun 2000 Indonesia juga memutuskan untuk melakukan Pemekaran di berbagai daerah. Di Jepang ekonomi menjadi alasan utama penggabungan (merger) dengan cara pengurangan dana angggaran dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah sebagai upaya peningkatan ekonomi dan revitalisasi ekonomi Jepang dengan cara penghematan. Sedangkan pemekaran di Indonesia, banyaknya otonomi daerah yang muncul mengharuskan pemerintah induk dan pusat harus memberi anggaran bagi tiap-tiap daerah otonom baru sehingga biaya yang harus di keluarkan pemerintah juga akan berlipat ganda untuk biaya otonomi baru tersebut. Sehingga timbul semacam pemborosan dana anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah pusat.

ABSTRACT
This thesis is discussing about changes local government system in Japan and Indonesia. In 2005, Japanese does merger between cities and town in various prefecture called Heisei no dai Gappei. Besides that, in early 2000 Indonesia also decided to do the splitting in various areas called “pemekaran”. Japan’s economy became to main reason for the merger for reduction budget funds from central government to local government as improvement economic and revitalization of the Japanese economy. In Indonesia’s cases government have to supply new regional autonomy for infrastructure and economic development.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nurlelawati Rambe.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 105 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20350698