Perubahan gaya hidup yang sangat dinamis disertai dengan perkembangan teknologitelekomunikasi mendorong munculnya berbagai layanan baru untuk bisa memenuhikebutuhan yang terus berkembang dalam berbagai format. Hal ini mendorong peningkatankebutuhan bandwith, storage sebagai tempat peyimpanan aplikasi layanan dan penyediaanmulti-format untuk multi perangkat bagi para operator layanan multimedia termasuk operatortelekomunikasi. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi dan perubahan teknologi yangdigunakan dalam bisnis telekomunikasi yang awalnya menggunakan teknologi IPTVkemudian berevolusi menggunakan teknologi OTT (over the top). OTT adalah teknologiyang memungkinkan layanan/konten yang dihantarkan memberikan kualitas tinggi dan bisadi nikmati melalui berbagai jenis perangkat telekomunikasi dan disampaikan melalui jaringanoperator, tetapi secara langsung tanpa melibatkan operator. Beberapa contoh layanan OTTyang banyak kita tahu adalah Google, Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube dan iTune.[1]Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka dilakukan analisis dan pembuktian bahwaimplementasi Teknologi OTT pada jaringan FTTH untuk peningkatan business servicessebagai solusi bisnis telekomunikasi pada saat ini, dengan metode kompetitive analysis yaitumembandingkan Teknologi OTT untuk menggantikan teknologi sebelumnya yang dianggapsudah tidak sesuai lagi dengan tren pelanggan. Serta membandingkan layanan yang diberikan oleh PT.Moratelindo menggunakan Teknologi OTT dengan para pesaing dalambisnis yang sama di Indonesia. Dalam pelaksanaan analisis menggunakan CPM (CompetitiveProfile Matrix) yaitu dengan cara membandingkan key success factor PT.Moratelindo dalammemberikan layanan ke pelanggan dengan satu-satunya pesaing di Indonesia pada saat iniyaitu PT.Telkom serta pesaing dari Negara tetangga Singapura, dan terbukti bahwaPT.Moratelindo memberikan layanan dengan melakukan implementasi Teknologi OTT padajaringan FTTH menjadi yang terbaik pada saat ini di Indonesia.Dari analisa yang dilakukan menghasilkan perbaikan dari roadmap sebelumnya, bukan hanyadari sisi teknologi saja akan tetapi dari produk yang akan di berikan ke pelanggan. Dariroadmap yang telah di buat menunjukan bahwa dalam minimal dua tahun kedepan teknologiOTT masih bisa di manfaatkan dan di explore lebih luas lagi sehingga PT.Moratelindooptimis dalam menetapkan target pencapaian dalam business service dengan menggunakanteknologi OTT tersebut dalam peningkatan keuntungan dan jumlah pelanggan. Lifestyle changes are accompanied by a very dynamic development of telecommunicationstechnology to a wide variety of new services to meet the evolving needs in a variety offormats. This prompted an increased need for bandwidth, storage as a service applicationswith storage and provision for multi-format, multi-device multimedia services for operatorsincluding telecom operators. Therefore, the need for innovation and change in the technologyused in the telecommunications business initially using IPTV technology then evolved usingtechnology OTT (over the top). OTT is a technology that allows the service / contentdelivered providing high quality and can be enjoyed through various types oftelecommunications devices and delivered over the network operator, but directly withoutinvolving the operator. Some examples of OTT services which we know is a lot of Google,Yahoo, MySpace, Facebook, YouTube and iTunes. [1]Based on the above background, the analysis and proof that the implementation of OTTTechnology on FTTH network to increase business telecommunication services as a businesssolution at this time, the method of analysis that compares competative OTT technology toreplace the previous technology is considered to be no longer compatible with the trendcustomers. And compare the service that is given by PT.Moratelindo using OTT technologywith competitors in the same business in Indonesia. In the implementation of the analysisusing CPM (Competitive Profile Matrix) is by way of comparing PT.Moratelindo key successfactor in delivering services to customers with the only competitor in Indonesia at this time,namely PT Telkom as well as competitors from neighboring countries Singapore, and provedthat PT . Moratelindo provide services to implement OTT Technology on FTTH network to bethe best at this time in Indonesia.An analysis of the yield improvement roadmap before, not only in terms of technology alonebut of the products that will be provided to the customer. Of the roadmap that has been madeto show that in at least the next two years is still OTT technology can be utilized and exploremore broadly so PT.Moratelindo optimistic in achieving targets set in business service usingthe OTT technology to increase corporate profits. |