:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perencanaan program kampanye sosial keselamatan berkendara sistem smith pada khalayak di kota pekanbaru oleh pt chevron pacific indonesia = The planning of social marketing program smith system as a safety driving message to audiences in pekanbaru by pt chevron pacific indonesia

Maydinna Zahira Abas; Wahyuni Pujiastuti, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Analisis Situasi
1. Chevron merupakan perusahaan pertambangan multinasional yang memiliki pertambangan di Indonesia, salah satunya Pekanbaru, Riau. Chevron telah lama mengadopsi pesan "Sistem Smith”.
2. "Sistem Smith” adalah tata cara berkendara yang baik dan benar yang telah diterapkan diluar negri. Poin-poin dalam Sistem Smith menjelaskan cara untuk membuat pengendara dapat menghindari penyebab kecelakaan.
3. Ibukota Provinsi Riau, yaitu Pekanbaru, memiliki jumlah kecelakaan yang cukup tinggi. Di tahun 2010 dan 2011 Riau menduduki posisi ke-10 sebagai provinsi di Indonesia dengan kecelakan terbanyak, dengan Pekanbaru sebagai kota yang cukup banyak mengalami kecelakaan di Riau. Mayotritas korban kecelakaan di Pekanbaru merupakan masyarakat usia produktif.
4. Masyarakat Pekanbaru membutuhkan informasi mengenai "Sistem Smith” dan diedukasi tentang bagaimana cara menerapkan "Sistem Smith” saat berkendara.
Tujuan
Meningkatkan awareness target khalayak tentang Sistem Smith dan merubah perilaku menjadi lebih mengutamakan keselamatan dalam berkendara, sehingga angka kecelakaan di Pekanbaru menjadi berkurang. Strategi Melaksanakan serangkaian kegiatan kampanye pemasaran sosial dengan cara yaitu dengan strategi Above The Line dan Below The Line Khalayak Sasaran Siswa dan mahasiswa aktif, usia 16-23 tahun, yang tidak aware terhadap keselamatan dalam berkendara.
Pesan Kunci
Lakukan dan Sampaikan Sistem Smtih
Program
Rangkaian kegiatan Above The Line (PSA & poster) dan Below The Line (Special event & online competition), yang rinciannya antara lain :
1. Membuat Akun Jejaring sosial Sistem Smith, pada Facebook, Twitter, dan Youtube
2. Membuat Public Service Advertising (PSA) dan poster berisi pesan Sistem Smith
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus
4. Lomba Ceritaku, Ceritamu
5. Lomba Pemilihan Duta Sistem Smith
6. Lomba Flashmob
7. Lomba Pembuatan Film Pendek
8. Lomba Band
9. Sistem Smith Week
Jadwal
1. Membuat PSA, Januari 2013
2. Membuat poster berisi pesan Sistem Smith 2013
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus, Desember - Januari 2013
4. Lomba Ceritaku, Ceritamu,
5. Lomba Pemilihan Duta Sistem Smith, Januari - Maret 2013
6. Lomba Flashmob, Maret - Juni 2013
7. Lomba Pembuatan Film Pendek, Juli - November 2013
8. Lomba Band, Juli - November 2013
9. Sistem Smith Week, Oktober 2013
Anggaran Total anggaran yang dikeluarkan dalam seluruh rangkaian kegiatan ini adalah Rp1.278.615.000,-
Evaluasi Metode Evaluasi yang digunakan adalah metode input - output - outcome.
Input: evaluasi terhadap segala proses yang berlangsung dalam rangka mengadakan kegiatan.
Output: evaluasi terhadap sesuatu yang nyata (produk) terkait hasil kegiatan.
Outcome: pengukuran dampak dan evaluasi hasil pelaksanan program.

Situation Analysis
1. "Smith System" is the way how to ride well that applied abroad. The points of Smith system explain how to avoid the rider from accident cause.
2. Chevron is multinational oil and gas company that has many fields in Indonesia. One of them is in Pekanbaru, Riau. Chevron has adopted "Smith System" for very long time.
3. The capital city of Riau province is Pekanbaru, has a quite big amount of accidents. On 2010 and 2011, Riau is in the 10th position as the biggest amount of accidents.
4. Pekanbaru society needs information about "Smith System" and educated about how to apply "Smith System" while riding.
Goal
To further develop target audience's awareness about Smith System in order to change their behavior to become safer drivers and consequently reduce the number of accidents in Pekanbaru. Strategy Do the series of social marketing campaign by special event, online completion, and PSA Target Audience The target audience is productive age category, 16 -23 years old, no awareness toward safety while riding
Key massage
Do and send a massage of "Smith System"
Programs
The special event of special event and online competitons contains:
1. Making Social media account for Sistem Smith, including Facebook, Twitter, and Youtube
2. Producing Public Service Advertising (PSA) and billboard about the key of Sistem Smith
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus Roadshow: "Smith System" Goes to School and Campus
4. Competition with theme "Your Story, My Story"
5. "System Smith" Ambassador Election
6. Flashmob Competition
7. Short Movie Competition
8. Band Competition
9. Smith System Week
Schedule
1. Making Social media account for Sistem Smith, including Facebook, Twitter, and Youtube, January 2013
2. Producing Public Service Advertising (PSA) and billboard about the key of Sistem Smith, January 2013
3. Roadshow : Sistem Smith Goes To School and Campus, Desember - Januari 2013
4. Competition with them "Your Story, My Story", January 2013
5. "Smith System" Ambassador Election, January - March 2013
6. Flashmob Competition, March - June 2013
7. Short Movie Competition, July - November 2013
8. Band Competition, July - November 2013
9. "Smith System" Week, October 2013
Budget
The total of budget for all the events in social marketing campaign is IDR 1.278.615.000,-
Evaluation
Evaluation methods that used here is input - output - outcome method.
Input: evaluation toward all on-going process in the events Output: evaluation toward real things (product) related to the result of event.
Outcome: the effect measurement and program result evaluation

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Maydinna Zahira Abas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xxii, 109 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-24-64974499 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351772