:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Mengartikulasikan transformasi musik populer Korea dari tahun 1945 hingga sekarang = Articulating the transformation of Korean popular music from 1945 until present

Fendy Aidi Kurniawan; Dhita Hapsarani, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Makalah ini menguji transformasi musik populer Korea dari waktu ke waktu sesuai dengan keadaan politik dan ekonomi di Korea Selatan. Hal tersebut dimulai pada tahun 1945 ketika Korea Selatan mendapatkan kemerdekaannya dari pendudukan Jepang. Dimulai dari saat itu, musik populer Korea mulai menerima banyak pengaruh dari luar Korea, terutama Amerika dan Jepnag. Seiring berjalannya waktu, industri musik populer Korea mulai berubah karena faktor-faktor yang ada pada masanya hingga keberadaan "Korean Wave". Makalah ini klemudian menyimpulkan bahwa musik populer Korea tidak terlepas dari peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi. Hal intulah yang meyebabkan musik populer Korea berevolusi dari masa ke masa dalam hal fungsi musik dan bagaimana musik dilihat oleh orang Korea sendiri.

This paper examines the transformation of Korean popular music from time to time in accordance with political and economics situations in South Korea. It began in around 1945 when South Korea gained its independence from Japanese colonization. Starting from that point, Korean popular music started receiving numerous influences from outside Korea, particularly America and Japan. As the time goes by, music industry in Korea has changed due to some factors in each period until its existence today with the Korea‟s Hallyu. The paper concludes that Korean popular music is inextricably linked with political and economics events in Korea. That is why Korean popular music evolved differently from time to time in terms of the purpose of the music and the way the music is seen by Korean people.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fendy Aidi Kurniawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 15 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-14212546 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351925