:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Proposal drama mini seri 'Misi Terakhir' = Fiction mini series 'final Mission' Proposal

Abim Aji Akbari; Aninda Dewi Herwidianti; Annisa Yuliharza; Datin Tarina Alysa; Perdana Kartawiyudha, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

"Maya dapat berkomunikasi dengan hantu. Seringkali terjebak menyelesaikan urusan hantu termasuk hantu Thomas. Namun usahanya terhalang oleh petunjuk yang sedikit, Thomas yang telah putus asa, dan Adit yang cemburu terhadap Thomas."
Proposal drama mini-seri "Misi Terakhir" ini merupakan tugas akhir semester mata kuliah Penulisan Naskah dan Desain Program, Departemen Ilmu Komunikasi, peminatan Industri Kreatif Penyiaran.
Penulis berencana untuk mempresentasikan proposal drama mini-seri "Misi Terakhir" kepada Trans TV. Oleh karena itu, penulis menyesuaikan segala aspek yang ada di dalam drama mini-seri ini dengan warna serta karakter Trans TV. Khalayak yang penulis sasar pun berdasarkan target audiens yang dimiliki oleh Trans TV.
Alasan penulis membuat drama mini-seri ini menyasar pada kesuksesan drama mini-seri yang ada di beberapa channel di Pay TV. Dengan pertimbangan bahwa target audiens Trans TV juga menyasar masyarakat kalangan menengah ke atas seperti halnya mayoritas penikmat Pay TV, maka penulis ingin membuat konsep yang menyerupai drama mini-seri di Amerika yang telah populer di berbagai negara.
"Misi Terakhir" adalah sebuah drama mini-seri yang menceritakan tentang seorang wanita remaja bernama Maya yang memiliki kemampuan khusus, yaitu dapat melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Di rumahnya yang baru, Maya menempati kamar yang dulunya milik Thomas, seorang pria keturunan Belanda yang telah meninggal puluhan tahun lalu, namun arwahnya masih bergentayangan karena ada urusan di dunia yang belum diselesaikannya. Di kamar itu lah awal pertemuan Maya dengan Thomas. Mengetahui bahwa Maya dapat melihat dan berbicara dengannya, lantas Thomas meminta tolong kepada Maya untuk membantu menyelesaikan urusan dunianya, yaitu menemukan hantu kekasihnya yang konon masih terperangkap di dunia ini.
Usaha Maya dalam membantu Thomas menemui banyak kendala. Musuh yang mengganggu usaha Maya tidak hanya berasal dari kalangan manusia, tetapi juga para hantu. Di tengah-tengah petualangan Maya dalam membantu Thomas, Maya juga bertemu dengan hantu-hantu lain yang mengharapkan bantuan darinya, seperti menemukan seekor anjing, menyatukan kembali sebuah band yang telah bubar, dan mengembalikan sebuah buku diary yang telah hilang. Semua kendala yang ada, tidak membuat Maya menyerah pada tujuan utamanya, yaitu menyelesaikan misi terakhir Thomas.

"Maya can communicate with ghost. Often stuck to settle the affairs of a ghost, including Thomas the Ghost. But her efforts stymied by a little hint, desperation of Thomas, and Adit who jealous by Thomas."
The drama miniseries proposal of "Misi Terakhir" concludes as the end-of-semester final assignment of Script Writing and Program Design course, Department of Communication Science, Creative Broadcasting Industry major.
The Author plans to present a drama miniseries proposal of "Misi Terakhir" to Trans TV. Therefore, the authors adjust all aspects in this drama miniseries with the color and character of Trans TV. Audience that the author was headed based on a target audience that is owned by Trans TV.
The author's reason made this drama miniseries because the author wants to follow the success of the drama miniseries that is in some pay tv channels. Considering that the target audience of Trans TV is also targeting the upper middle class as well as the majority of the audience of Pay TV, so the author wants to create a concept that resembles a drama miniseries in the United States that has been popular in many countries.
"Misi Terakhir" is a drama miniseries which tells about teenage girl named Maya who has a special ability that can see and communicate with ghosts. In her new house, Maya occupy a room that once belonged to Thomas, a man of Dutch descent who had died decades ago, but his spirit still haunt because there are things in the world that has not been completed. Maya first met with Thomas in that room. Knowing that Maya can see and talk to him, then Thomas asked Maya help to solve his world affairs, that is find his girlfriend ghost who supposedly still trapped in this world.
Maya efforts in helping Thomas encountered many obstacles. Maya interference not only come from the human, but also the ghosts. In the middle of her adventure in helping Thomas, Maya also met with the other ghosts who expect help from her, like finding a dog, reuniting a band that has been disbanded, and returns a diary that has been lost. All constraints, do not make Maya give up on her primary purpose, which is completing the Thomas last mission.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Abim Aji Akbari et.al.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 253 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-947826282 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20351972