:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis gaya bahasa pada cerpen Satu Malam Tanpa Rembulan karya Najib Kailani = The analysis of stylistics on storiette One Night Without Moon by Najib Kailani

Alvionyta Satriya Pratiwi; Aselih Asmawi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Jurnal ini membahas unsur instrinsik dan analisis gaya bahasa yang digunakan Najib Kailani dalam cerpennya yang berjudulلَيْلَةٌ غَابَ عَنْهَا الْقَمَرُ ‘Satu Malam Tanpa Rembulan’ (selanjutnya disebut SMTR). Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk membahas lebih dalam mengenai unsur instrinsik dan berbagai macam gaya bahasa yang terdapat pada cerpen SMTR. Metode yang digunakan dalam analisis cerpen ini adalah pendekatan obyektif.Pendekatan obyektif merupakan analisis kritis yang langsung merujuk pada karya sastra tanpa dihubung-hubungkan dengan penulis, latar belakangnya, keadaan dan sosial masyarakatnya. Hasil analisis dari data cerpen SMTR yang saya lakukan menunjukkan bahwa, secara alur cerita saya masih kurang merasakan klimaksnya. Bahasa dan pemilihan kata yang digunakan terlalu sederhana, sehingga sangat berpengaruh pada alur ceritanya.

This journal discusses about the instrinsic elements and analysis of stylistics that are used Najib Kailani in the storiette. The purpose of this reasearch to discuss more about the instrinsic elements and various of stylistics that are on the storiette. The method used in the analysis of the storiette is an objective approach. An objective approach is critical analysis that directly refer to the literature without linked with the author, background and social of society. The result of analysis on the storiette which I did point out that, I am not feel the climax. The language and word is too simple, so it affects the storyline.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Alvionyta Satriya Pratiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 11 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-23-17017052 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352004