:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Penggunaan tindak ilokusi direktif dalam dialog bab 11 program belajar bahasa Jerman "Wieso Nicht?" di laman www.dw.de = The use of directive illocutionary act in dialogue chapter 11 of learn german program at www.dw.de

Eddu Junerivellino; Pattinasarany, M. Sally H.L., supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan jenis tindak ilokusi direktif dalam dialog Program Belajar Bahasa Jerman pada bab 11 dan jenis-jenis kalimat dari jenis tindak ilokusi direktif yang digunakan dalam dialog tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, sebab data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber pada data-data pustaka dan internet. Adapun metode yang digunakan dalam pemilihan data adalah secara acak atau random, dengan beberapa pertimbangan seperti tingkat menengah untuk tingkat kesulitan bahasa dan tema yang menarik.
Dalam penelitian ini, saya menemukan bahwa cara penggunaan jenis tindak ilokusi direktif dalam dialog adalah dengan meletakkankata kerja di awal untuk memerintah dan kata tanya di awal untuk bertanya. Namun, ada beberapa kata kerja yang digunakan untuk bertanya dengan meletakkannya di awal. Penentuan ini berdasarkan konteks yang sesuai dengan kondisi pada saat dialog tersebut diujarkan. Oleh karena itu, jenis kalimat direktif yang digunakan adalah kalimat perintah dan kalimat tanya, dengan persentase jumlah kalimat tanya yang lebih besar (9 kalimat).

This research aims to find out how the use of directive illocutionary act in dialogue chapter 11 of Learn German Program and what types of sentence that used in this illocutionary act. The method used in this research is qualitative method, because the data used is stem from literature and internet. The method used in the selection of the data is random, but with some consideration such as mid level of difficulty level of the language and interesting themes.
In this research, i found that this dialogue used directive illocutionary act by putting some verbs at the beginning of sentences for command sentence and by putting to be or verb in the beginning of sentence for question sentence. It based on the context in accordance with the condition at the time the dialogue is utterance. Therefore, the types of sentence used in this dialogue are question and command sentences, by question sentences as the most used (9 sentences).

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Eddu Junerivellino.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 9 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-842568919 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352033