:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Hubungan sintagmatis dalam teks "pilih virtual atau cetak" (paragraf 5-10) = The relation of syntagmatic in the "pilih virtual atau cetak" (paragraph 5-10)

Putri Luvita; Ibnu Wahyudi, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Makalah ini membahas hubungan sintagmatis dalam Teks Pilih Virtual atau Cetak? (Paragraf 5—10). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan adanya gejala bahasa yang terdapat dalam kalimat itu melalui analisis konstituen langsung, misalnya, kalimat tidak efektif yang tidak memiliki subjek dan predikat. Objek penelitian dari jurnal ini adalah artikel dari harian Media Indonesia, Minggu, 8 Mei 2011. Makalah ini terbagi dalam dua bagian, bagian pertama adalah bagian paragraf satu—paragraf empat dan bagian kedua adalah bagian paragraf lima—paragraf sepuluh. Saya hanya memfokuskan analisis hubungan sintagmatis ini pada bagian paragraf lima—paragraf sepuluh. Hasil dari penelitian ini adalah munculnya kalimat tidak efektif. Gejala bahasa ini dapat ditemukan dalam kalimat 4, 9, 10, 11, 14,19, 20, dan judul teks tersebut. Kedelapan kalimat tersebut secara keseluruhan tergolong kalimat tidak efektif karena tidak memiliki fungsi sintaktis yang pokok, yaitu subjek dan predikat.

This paper is about the relation of syntagmatic in the ‘Pilih Virtual atau Cetak?’ (Paragraph 5—10). The aim of this research is to describe the language phenomenon in those sentences by immediate constituent analysis. For example, the ineffective sentence that does not have subject and predicate. The object of this research is an article from newspaper, Media Indonesia which published on Sunday, May 8th 2011. There is two part in this article, which the first part is paragraph one-paragraph four and the second part is paragraph five-paragraph ten. This paper will concern only to analayze the relation of the syntagmatic in paragraph five-paragraph ten. The research concludes that there are some ineffective sentences. There are some innefective sentences that have been found such as in sentence 4, 9, 10, 11, 14, 19, 20 and also on the title. Those sentences are ineffective because they do not have primary function on syntax which are subject and predicate.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Putri Luvita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 14 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-32907566 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352057