:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Fungsi gimmick dalam analisis struktur iklan provider jaringan telepon selular = Gimmick function in analysis of cell phones network provider advertisement

([Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2013)

 Abstrak

[Penelitian ini membahas analisa saya tentang fungsi gimmick dalam iklan provider Kartu As, IM3, dan AXIS melalui analisis struktur iklan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan unsur-unsur dalam iklan sehingga dapat menemukan fungsi gimmick yang digunakan. Dalam meneliti unsur-unsur iklan saya menggunakan tiga struktur pendukung pembentuk wacana dari Van Dijk yaitu dengan superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro dari iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari penelitian terhadap ketiga struktur yaitu superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro, ditemukan bahwa setiap iklan mempunyai unsur-unsur yang menunjukan jati diri dari produk yang dijual seperti warna dan slogan yang khas, yang membuat produk itu menjadi terlihat lebih baik dari produk yang lain. Pada analisis gimmick ditemukan bahwa gimmick yang digunakan dapat mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda berdasarkan tujuan dan latar belakang dari iklan tersebut seperti konsumen yang ingin dituju dan promosi yang ingin disebarkan. Selain gimmick para copywriter ternyata juga memakai strategi claim yang menarik konsumer. , This study discusses my analysis of the gimmick function in the advertisement of Kartu As, IM3, dan AXIS through advertisiement structure analysis. This study aims to describe the elements in the ad to find the function of gimmicks that are used. In examining the elements of advertisement I use the three supporting structures in forming the discourse by Van Dijk, which are the superstructure, microstructure, and the macro-structure of the ad. The method used was a qualitative method. The results of the study showed that from the three supporting structures, that form the discourse, found that every ad has elements that indicate the identity of products such as distinctive colors and slogans, which makes the product become look better than other products. In the analysis of gimmick, found that gimmick have different functions based on the purpose and background of these ads, just like the target consumers and the promotion tha will be spread. In addition, besides gimmick, the copywriters also use the interesting claim strategy that can increase the attention from the consumers]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ferdian Nur Rachman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 21 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352188