:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat motivasi pasien kanker payudara untuk mengikuti kemoterapi di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta Barat

Henni Yuliawati; Marlinda; Amelia Kurniawati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Kanker payudara ditemukan di dunia dengan insiden relatif tinggi dan di Indonesia menempati urutan kedua setelah keganasan mulut rahim. Saiah satu terapi yang diberikan pada pasien kanker payudara adalah tindakan kemoterapi yang dapat menimbulkan efek samping diantaranya biologi, psikologis dan sosial. Efek samping secara biologi dapat berupa mual, muntah, rarnbut rontok, perubahan rasa kecap dan keletihan. Perubahan secara psikologis seperti kecemasan, depresi sampai gangguan konsep diri. Sedangkan dari segi sosial bisa terjadi gangguan dalam berhubungan dengan orang lain yang juga dapat dipengaruhi oleh perubahan fisik dan psikologis. Karena banyaknya efek yang ditimbulkan dari pemberian kemoterapi pasien kanker payudara perlu mendapat dukungan dari keluarga, sehingga bisa membuat pasien termotivasi untuk mengikuti kemoterapi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat motivasi pasien kanker payudara untuk mengikuti kemoterapi. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan mengambil sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan peneliti (purposive sampling) di RS kanker Dharmais Jakarta sebanyak 30 responden. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah kuisioner dengan analisis menggunakan univariat prosentasi dan analisis bivariat dengan Fisher Exact test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi pasien mengikuti kemoterapi (nilai p 0,002 dengan α = 0,005).

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : TA5533
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 35 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5533 16-22-73724009 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352280