:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengaruh kualitas audit terhadap tingkat manajemen laba dan cost of equity = Association of audit quality to earning management and cost of equity

Anisa Harini Paramita; Vera Diyanty, supervisor; Taufik Hidayat, examiner; Rafika Yuniasih, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas audit terhadap tingkat manajemen laba dan cost of equity pada perusahaan yang diaudit oleh KAP big 4 dibandingkan dengan perusahaan yang diaudit oleh KAP second tier. Berbeda dari penelitian terdahulu, penelitian ini mempertimbangkan karakteristik perusahaan yang diaudit oleh kedua tipe KAP tersebut. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear pada sampel yang dipilih dengan menggunakan propensity-score matching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAP big 4 tidak memiliki perbedaan kualitas audit dengan KAP second tier dalam kemampuannya membatasi manajemen laba yang diukur dengan akrual diskresioner. Selain itu, KAP big 4 dan KAP second tier juga tidak memiliki perbedaan kualitas audit dalam perspektif investor yang diukur dengan cost of equity.

This research aims to give empirical evidence about the association of audit quality to earning management and cost of equity on firms audited by big 4 auditors compared to firms audited by second tier auditors. Unlike prior researches, this research considers characteristics of the firm audited by the two types of auditors. The test was done by using linear regression on sample selected by using propensity-score matching. The result shows that big 4 auditors has no differences on audit quality from second tier auditors in limiting earning management measured by discretionary accrual. In addition, big 4 auditors and second tier auditors also have no differences on audit quality in investor perspective measured by cost of equity.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 76 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-24-06064078 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20354618