:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh mediated self-disclosure pendidik via Facebook terhadap perceived credibility : studi eksperimental pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gresik = The influence of teacher’s mediated self-disclosure through Facebook to its perceived credibility : an experimental study of grade X students of SMA Negeri 1 Gresik

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

[Penelitian ini memberikan penjelasan mengenai dampak penggunaan sosial media
dalam konteks komunikasi instruksional, khususnya pada hubungan interpersonal
pendidik dengan peserta didik. Penelitian ini menggunakan model eksperimen
klasik dengan adanya kelompok eksperimen dan kontrol serta menerapkan
kerangka teoretis mediated self-disclosure dan pengaruhnya terhadap perceived
credibility yang sebelumnya dikembangkan oleh Mazer et al (2009). Dengan
melibatkan 62 responden siswa kelas X SMA Negeri 1 Gresik dalam dua
kelompok penelitian, eksperimen ini menemukan adanya pengaruh mediated selfdisclosure
pendidik via Facebook terhadap perceived credibility-nya dengan
melihat adanya perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata kelompok pada
pretest dan posttest. Pada penelitian ini, mediated self-disclosure yang diterapkan
pada kelompok eksperimen meresultankan persepsi kredibilitas pendidik yang
lebih negatif pada pendidik dibandingkan saat tatap muka langsung, khususnya
terkait persepsi akan itikad baik pendidik. Penelitian ini merekomendasikan
komunikasi stratejik bagi pendidik dalam bentuk pengaturan informasi dan pesanpesan
yang ditampilkan pendidik dalam Facebook manakala berinteraksi dengan
peserta didiknya dalam media sosial Facebook., This research investigated and explained the influence of social media use under
the context of instructional communication, specifically in understanding the
teacher-student relationships. The research used classical experiment design with
the one experiment and control group and applied theoretical framework
regarding the influence of mediated self-disclosure to perceived credibility, which
was previously developed by Mazer et al (2009). By involving 62 students from
SMA Negeri 1 Gresik as respondents in two research groups, the result of the
experiment yields that there is influence of teacher’s mediated self-disclosure
through Facebook to its perceived credibility. The conclusion was drawn from
seeing a significant difference between experiment and control group mean scores
in pretest and posttest. The research reveals that mediated self-disclosure results to
a more negative perception of credibility of the students towards the teacher
especially on its perceived goodwill in comparison to face-to-face self-disclosure.
Lastly, this research, therefore, recommends a strategic communications for the
teachers, by managing information and messages they disclose in social media
while they are communicating with their students in Facebook.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Gilang Reffi Hernanda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 101 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20358287