:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penerapan model konservasi Levine dalam asuhan keperawatan pada anak dengan kanker yang mengalami masalah ketidakseimbangan nutrisi di ruang non infeksi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta = Application of Levine’s conservation model on nursing care of children with cancer experiencing nutritional imbalance in Dr. Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta

Ikeu Nurhidayah; Nani Nurhaeni, supervisor; Happy Hayati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Karya Ilmiah Akhir ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan Program Residensi Ners Spesialis Keperawatan Anak. Tujuan penulisan Karya Ilmiah Akhir ini adalah memberikan gambaran penerapan Model Konservasi Levine dalam asuhan keperawatan pada anak dengan kanker yang mengalami masalah ketidakseimbangan nutrisi dan pencapaian kompetensi dalam praktik professional dan bertanggung gugat secara etik dan legal, memberikan asuhan dan manajemen asuhan keperawatan serta mengembangkan profesionalisme dalam peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Terdapat lima kasus kelolaan yang menjadi pembahasan dalam karya ilmiah ini, dan dari kelima kasus terpilih ditemukan adanya masalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dan lebih dari kebutuhan. Intervensi keperawatan yang diberikan didasarkan pada pinsip-prinsip konservasi, yaitu konservasi energi, integritas struktural, integritas personal dan integritas sosial. Hasil evaluasi berdasarkan respon organismik menunjukkan terdapat masalah yang teratasi, teratasi sebagian dan sudah menunjukkan perbaikan, belum teratasi serta tidak teratasi.

This final report describes an implementation of Internship Pediatric Nursing Program. The purposes of this report are to provide an overview of Levine’s Conservation Model application on nursing care of children with cancer experiencing nutritional imbalance and of the competencies achievement within these three trajectories: professional, ethical and legal practice; care provision and management; professional development towards the quality of care improvement. This report presents five selected cases with nutritional imbalance problems: less and more than requirement. Nursing intervention were provide based on conservation principles: energy conservation, structural integrity, personal integrity and social integrity. Moreover, evaluation of the intervention based on organismic responses indicate that some problem were resolved, partially resolved with some improvement or unresolved.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Ikeu Nurhidayah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 247 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-23-76501925 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20358639