:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengembangan konsep diri remaja melalui pendidikan keterampilan hidup untuk mencegah seks bebas HIV/AIDS dan NAPZA di SMP “M’ Cimanggis Depok = Adolescent self-concept enhancement through life skill education to prevent free sex, HIV/AIDS and NAPZA in Junior School “M” Cimanggis Depok

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

[Semakin tingginya angka seks bebas, HIV/AIDS, dan Napza pada remaja telah
mendorong perhatian banyak pihak untuk melakukan upaya-upaya strategis untuk
mengatasinya. Namun, hasilnya masih belum optimal. Salah satu hasil penelitian
yang menjadi dasar kegiatan praktik mahasiswa dalam mengembangkan konsep
diri remaja di SMP M Cimanggis Depok adalah bahwa pelatihan ketrampilan
hidup telah berhasil meningkatkan kemampuan remaja untuk bertahan dari
pengaruh narkoba. Karena itu, perawat mencoba menggabungkan antara
pengembangan konsep diri remaja dan pendidikan ketrampilan hidup untuk
meningkatkan konsep diri siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya
peningkatan nilai rata-rata pada post test untuk konsep diri sebesar 2,3%;
gambaran diri 0,7%; harga diri 5,1% dan ideal diri 0,96%. Hal ini menunjukkan
bahwa program pengembangan diri melalui pemberian ketrampilan hidup dapat
dilakukan untuk meningkatkan konsep diri siswa., Increasingly high rate of free sex, HIV / AIDS, and drugs in adolescents has
prompted the attention of many people to make strategic efforts to overcome
them. However, the results are still not optimal. One of the efforts is the
development of adolescent self-concept. One of the basic research results into
practical activities of students in developing self-concept adolescents in junior
Scool “M” Cimanggis Depok is that life-skills training have increased ability to
withstand the impact of adolescent substance abuse. Therefore, the nurse tried to
combine the development of adolescent self-concept and life skills education to
enhance students' self-concept. The results obtained indicate an increase of the
average of self-concept 2,3%; body image 0,7%; self esteem 5,1% dan self-ideal
0,96% at post test. This suggests that self-development program through the of
life skills education could enhance students' self-concept.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Widyoningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : SP-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 97 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20358842