[Tumbuh kembang balita dilalui bertahap sesuai tugas perkembangan di setiap tahapannya. Masing-masing balita berbeda dalam memenuhi tugas pertumbuhan dan perkembangannya. Banyak hal yang mempengaruhi kematangan balita mencapai tugas perkembangannya secara optimal. Tidak terlepas ula peran pengasuhan orang tua terutama ibu yang membantu sebagai stressor pencapaian kemandirian balita dalam tumbuh kembangnya.Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kemandirian balita pada ibu bekerja dilihat dari tahap tumbuh kembangya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sederhana. Populasi responden pada penelitian ini berjumlah 17 orang. Responden adalah ibu yang bekerja juga sebagai mahasiswa program ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Angkatan 2005 yang mempunyai balita 1-5 tahun. Analisis penelitian menggunakan analisa univariat dengan perhitungan menggunakan skala Likert untuk mendaptkan nilai kategorik mandiri dan tidak mandiri. Hasil penelitian menunjukkan 52,9 % responden mempunyai balita mandiri 47.1 % tidak mandiri. Penelitian ini menunjukkan bahwa balita mandiri pada ibu bekerja di luar rumah lebih banyak mandiri. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran dan acuan bagi ibu bekerja, mahasiswa keperawatan serta peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang kemandirian dan tumbuh kembang balita., The growth and development of toddler and preschool age passed throught astask of growth and development of each phase. Each toddler and preschool ageis different in getting maturity on growth and development time. Many thingsinfluence the toddler and preschool age getting maturity on growth anddevelopment optimally. Althougth mothers role help as stressor to get authorityofgrowtlz and development of toddler and preschool age . The purpouse of thisstudy was identify authority rate of toddler and preschool age of mother workerbassed on growth and development phase. This study use simple descriptivemethode. Total population of respondences of this study was 17 persons. Therespondences were mother worker as extention student programe at NursingFaculty of indonesia University who had toddler and preschool age. The resultof this study showed 52,9 % of respondences had toddler and preschool agewere authority., 47,1 % unauthority. This study show that authority toddler ofmother worker are more than unauthority. This study can be reference bymother worker; nursing student and next researcher to develop: the study aboutauthority of growth and development of toddler and preschool age.] |