:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien yang akan dilakukan Kolonoskopi pada deteksi dini Kanker Kolorektal di instalasi endoskopi RS. Kanker Dharmais

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Kecemasan merupakan perasaan yang tidak jelas tentang keprihatinan dan kekhawatiran karena ancaman pada sistem nilai atau pola keamanan seseorang.
Kanker kolorektal dapat dideteksi dengan beberapa pemeriksaan dan salah satunya adalah dengan kolonoskopi. Tindakan kolonoskopi menimbulkan keoemasan yang diakibatkan karena takut akan hasil dari kolonoskopi dan hasil patologi anatomi. Peneiitian deskripsi sederhana terhadap 33 responden ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien yang akan dilakukan kolonoskopi pada deteksi dini kanker kolorektal.
Berdasarkan hasil kuesioner yang didapat, peneliti memperoleh hasil yang tinggi terhadap kecemasan karena takut akan hasil kolonoskopi dan kecemasan karena takut akan hasii patologi anatomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terbanyak yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien yang akan dilakukan kolonoskopi pada deteksi dini kanker kolorektal adalah nasil koionoskopi dan hasil patotogi anatomi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kecemasan karena takut akan hasil kolonoskopi 90.9% dan kecemasan karena takut akan hasil patologi anatomi 9O,9%.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Rosakawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : TA5123
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 35 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5123 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20361960