:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya LBP pada perawat di Ruang Rawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta

Ref Miarti Wuri Utami; Dian Ekawati; Daulima, Novy Helena Catharina, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Saat ini angka kejadian Low Back Pain (LBP) atau biasa dikenal dengan nyeri punggung bawah semakin meningkat khususnya pada perawal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi angka kejadian low back pain pada perawat yang bekerja di ruang rawat. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusluno dengan jumlah responden 30 orang perawat yang bekerja di ruang rawat. Desain penelitian yang digunakan deskriptif sederhana dengan alat pengukur kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, proporsi, dan kai kuadrat untuk menganalisis hubungan antar variabeI.
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa faktor-faktor usia, tingkat pendidikan. jenis kelamin, dan masa kerja perawat mempengaruhi angka kejadian LBP secara signifikan yang dibuktikan dengan nilai P pada Chi Square. Amara lain. ada perbedaan yang bermakna pada usia responden terhadap LBP berat dan ringan (p value= 1,67; α = 5 % ). Selain itu, Penelitian ini rnerekomendasikan promosi pengetahuan tentang ilmu ergonomi harus ditingkatkan khususnya untuk perawat yang bekerja di ruang rawat agar angka kejadian LBP tidak terus bertambah.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : TA5553
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 30 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5553 16-22-09363791 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362060