:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan stigma dengan harga diri rendah pada klien HIV/AIDS di LSM PKBI Jakarta

Rizchi Mustika Putry; Sitompul, Rosmauli; Masfuri, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Stigma HIV/AIDS adalah pandangan negatif tentang ODHA yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk rnengidentifikasi hubungan stigma dengan harga diri rendah pada klien HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana yang dilakukan pada 30 ODHA di LSM PKBI Jakarta.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuisoner untuk mengkaji data demografi, adanya stigma negatif masyarakat terhadap ODHA dan adanya HDR yang dialami ODHA karena stigma tersebut. Data yang dikumpul dengan metode pendekatan Chi-Squaren dengan uji dependensi dengan pendekatan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adanya hubungan stigma dengan harga diri rendah pada klien HIV/AIDS di LSM PKBI Jakarta. Hasil analisa responden yang menyatakan Stigma negatif sebanyak 70 %, lebih banyak dibandingkan dengan stigma positif sebanyak 30 %. Sedangkan hasil dari analisa data yang diperoleh bahwa responden yang mengalami HDR sebanyak 63,33 %, lebih banyak dibandingkan dengan responden yang tidak mengalami sebanyak 36,67 %.

HIV/AIDS Stigma is a negative opinion sight about people live with HIV/AIDS (ODHA. This research aim to identify the relation between stigma with low self regard at HIV/AIDS patient. This research applies simple descriptive design with 30 ODHA in LSM PKBI Jakarta.
Data where collected through questionnaire in order to study the demography data, the existence of public negative stigma to ODHA and the existence of low self regard (HDR) experienced by ODHA because of that stigma. The data analwed with Chi-Square test with sigiincant level 0,05.
Result fiom this reseanch showed that there is relation between the existence of the of stigma with low self regard at HIV/AIDS patient in LSM PKBI Jakarta. Result of respondent analysis showed negative stigma with percentage of 70 % compared to positive stigma 30 %. While result from data analysis obtained that respondent experiencing low self regard (HDR) 63,33 % compared to 36,67 % respondent that is not experiences low self regard (HDR).

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : TA5837
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 29 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5837 16-20-517470526 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362331