:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Keefektivan cara mengejan ibu primapara terhadap lamanya persalinan kala II

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Kemampuan, dan kefektivan cara mengejan ibu sangat berpengaruh terhadap lamanya persalinan kala ll, dan akan berdampak langsung kepada ibu, dan janin yang akan dilahirkannya. Wacana inilah yang ingin diteliti dalam penelitian yaitu keefektivan cara mengejan ibu primipara terhadap lamanya persalinan kala II.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara cara mengejan dengan lamanya persalinan kala ll. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptifkorelasi, sedangkan reaponden yang dipilih, adalah 30 orang ibu hamil (primipara), dalam keadaan inpartu, yang ada di RSUPN DR. Cipto Mangunkuaumo.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesiner, sabagai acuan untuk melakukan observasi kepada responden. Setalah dilakukan pengumpulan data didapatkan nilai sepuluh untuk cara mengejan terbanyak (29%), sedangkan waktu terbanyak untuk kala II lima belas menit (63%).
Data dianalisis dengan uji univariant, kemudian dilakukan uji bivariant dengan menggunakan nilai pearson, sebelunl dilakukan uji korelasi terlebih dahulu data di uji normalitasnya dengan menggunakan kurtosis dan skewness, terlihat bahwa data berdistribusi normal, setelah itu data digambarkan dalam grafik scetter untuk melihat sebaran nilai dari kedua variabel, didapatkan grafik membentuk garis miring kiri yang menunjukan nilai negatif, berarti semakin tinggi nilai mengejan akan semakin rendah nilai lamanya kala ll, lalu dilakukan uji korelasi didapatkan r= -689, dan uji kemaknaan dengan “t-test”. didapat p = 0,000 berarti (p < 0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa antara cara mengejan dengan lamanya kala II mempunyai hubungan berarti secara signifikan, dan bermakna, dari setiap perolehan nilai 1 skor cara mengejan ibu mempercepat kala II sebesar 1,5 menit.
Harusnya penelitian ini tidaklah berhenti sampai disini tetapi perlu ditindak Ianjuti dengan melaksanakan penelitian berikutnya, dengan memperhatikan hasil yang telah ada, guna perbaikan pelayanan mulu keperawatan dimasa yang akan datang.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Satinah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : TA5058
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iii, 29 hlm. : ill. ; 28 cm. + lmp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5058 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362460