:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh perlakuan komunikasi terapeutik selama menunggu tindakan pembedahan terhadap penurunan tingkat kecemasan klien yang akan dilakukan tindakan pembedahan terencana

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Tindakan pembedahan memberikan rangsangan tingkat kecemasan yang berbeda bagi tiap-tiap individu. Rangsangan ini meliputi ketakutan akan banyak hal yang tidak diketahui oleh klien dan ketakutan karena kehilangan kontrol akan sesuatu ( Lewis, Hewit kemper, Dirksen,2000 ). Sebagai akibat kecemasan yang meningkat akan mempengaruhi pada proses penyembuhan. Komunikasi terapetik merupakan salah satu ketrampilan dasar komunikasi antara perawat dan klien. Fungsidaxi komunikasi terapetik adalah memfasilitasi kebutuhan klien secara biopsikososiospdtual dan komunikasi terapetik benujuan memberi efek terapetik terhadap klien.
Pada penelitian ini terbukti bahwa perlalcuan komuikasi terapetik selama menunggu tindakan pembedahan di ruang preoperasi meliputi perawat memperkenalkan diri pada klien eksplorasi perasaan ldien temyata mampu menunmkan tingkat Icecemasan sehingga klien Iebih adaptif terhadap tindalcan pembedahan. Melalui uji statistik Chi Square terlihat bahwa ad hubungan yang bermakna antara komunikasi terapetik selama menunggu tindakan operasi dengan penumnuan tingkat kecemasan pada ldien dengan rencana operasi terjadwal.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Siti Norjanah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5196
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 44 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5196 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362550