:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas Beji, Depok = Society satisfaction to health care centre in Beji, Depok

Suci Wahyu Dini; Febbi Amelia; Nur Fitriani Yusman; Sintyana Putri; Etty Rekawati, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011)

 Abstrak

Puskesmas adalah suatu unit pelayanan kesehatan yang berada di tingkat kabupaten atau kota yang memberikan pelayanan di suatu wilayah kerja. Kepuasan terhadap pelayanan puskesmas dipengaruhi oleh demografi dan 5 dimensi kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakal terhadap pelayanan kesehatan puskesmas di Kecamatan Beji Depok. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah metode non random accidental sampling. Penelitian dilakukan di Puskesmas Beji. Hasil penelilian menunjukkan bahwa masyarakat Beji puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Beji berdasarkan 5 dimensi kcpuasan, dimensi yang paling tinggi tingkat kepuasannya adalah dimensi empati sebesar 97,2%, dimensi yang paling rendah tingkat kepuasannya adalah dimensi kehandalan sebesar 72,9%. Penelitian ini direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas sehingga status kesehatan masyarakat Beji Iebih baik dari sebelumnya.

Health care centers (PUSKESMAS) is a unit of health care which located in the district of city to give health service in work area. Satisfaction of health care centers be affected by demography and five level quality of service dimension. This research is aimed to determine the level of community satisfaction towards health care centers (PUSKESMAS) in the District of Beji Depok. The design of this research was used simple description design. The method used by this research is non random sampling method, more specified is accidental sampling. This research was convicted at the health care centers (PUSKESMAS) Beji. The result shows that the civil Community of Beji was satisfied with the health services provided bv health care Centers (PUSKESMAS) Beji based on the five level quality of service dimension, the highest dimension of satisfaction in this research is emphaty dimension 97.2% and the lowest is reliability dimension 72,9%. This research is recommended to improve the health care centers (PUSKESMAS) level quality of services, furthermore the health status of Beji civi community health can be maintained and improved accordingly.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Suci Wahyu DIni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : 16-24-43472875
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 51 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
16-24-43472875 16-24-43472875 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362645